Sekda DKI Saefullah Paparkan KSD Saat Bimtek Legislatif

WARTALIKA.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah memaparkan mengenai Kegiatan Strategis Daerah (KSD) saat menjadi narasumber Bimbingan Teknis (Bimtek) Pimpinan dan Anggota DPRD periode 2019-2024.

Pada kesempatan itu, Saefullah juga menyampaikan mengenai tahapan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang disusun oleh Eksekutif.

Baca Juga :

“Sejumlah program dalam KSD telah disusun guna mencapai target RPJMD DKI Jakarta 2017-2022,” ujarnya, di lokasi Bimtek, di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Saefullah menjelaskan, Eksekutif bersama Legislatif juga telah sepakat membahas penerimaan atau pendapatan sebelum penyusunan anggaran belanja langsung dan tidak langsung.

“Alhasil, pembahasan APBD DKI Jakarta di masa mendatang menjadi lebih fokus. Jadi, pembahasan dimulai sejak awal antara Eksekutif dan Legislatif,” terangnya.

Menurutnya, pembahasan bersama dengan DPRD yang dimulai lebih awal akan membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam penyusunan APBD di masa mendatang.

“Jadi, APBD bukan produk kesepakatan bersama di akhir, tapi sejak awal antara penyelenggara pemerintah daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Mohamad Taufik menuturkan, pihaknya mengundang Eksekutif untuk memaparkan KSD dalam pencapaian RPJMD 2017-2022.

“Tujuannya, agar ada kesamaan dalam memandang perjalanan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Pemaparan oleh Eksekutif menjadi pegangan bagi dewan agar memiliki pemikiran sama,” ucapnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan bimtek yang digelar pada 2-3 Desember 2019 memberikan bekal ilmu yang banyak bagi Legislator DKI Jakarta periode 2019-2024.

“Prinsipnya, Legislatif dan Eksekutif adalah mitra. Kita perlu terus bersinergi untuk Jakarta,” tandasnya.

Pos terkait