• KESEHATAN
  • RS Ukrida Resmi Dibuka Siapkan Zonasi Tangani Pasien Covid-19

RS Ukrida Resmi Dibuka Siapkan Zonasi Tangani Pasien Covid-19

WARTALIKA.id- Setelah penantian yang sangat panjang, akhirnya Rumah Sakit (RS) Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) yang berlokasi di Jalan Arjuna Utara No.145, Kelurahan Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, resmi dibuka pada Senin (14/12/2020). Namun, mengingat dimasa pandemi acara ini digelar secara virtual.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih satu jam tersebut, diisi dengan sejumlah sambutan, mulai dari pendiri Ukrida, Uripto Widjaja dan direktur RS Ukrida dr. Fushen
hingga mereka yang dulu turut berkontribusi dalam proses persiapan berdiri RS Ukrida.

Uripto Widjaja dalam pesannya menjelaskan, rumah sakit bukan tempat untuk mencari keuntungan, tapi lebih kepada tempat untuk melayani. Oleh karena itu, semua unsur pendukung harus siap memberikan pelayanan.

“͞Percaya lah kepada tuhan. Dengan begitu kita tidak akan menemani jalan buntu dan akan mampu untuk mengatasi kesulitan. RS Ukrida pun akan menjadi jaya, menjadi ikon, tiang yang kuat untuk Ukrida,” ucapnya.

Dalam acara ini juga diisi dengan pemutaran video profil penampilan dari paduan suara Ukrida, Voxa, virtual hospital tour di RS Ukrida, dan flash mob hand hygiene dari tim RS Ukrida.

Dikesempatan yang sama, Direktur RS.Ukrida dr.Fushen menambahkan masih terkait pandemi, di awal pembukaan RS Ukrida akan melayani pasien Covid-19. Ini dimulai dari seminggu setelah rumah sakit resmi dibuka hingga beberapa waktu yang akan datang, dengan mempertimbangkan situasi yang terus berkembang.

“͞RS Ukrida akan menyediakan lima puluh tempaƚ tidur bagi pasien Covid-19. Tiap pasien akan ditempatkan pada ruang rawat yang berbeda, yaitu satu kamar untuk satu pasien. Selain itu, diterapkan pula zonasi dan standar khusus Covid-19,” katanya.

Zonasi dan standar khusus Covid-19 itu lanjut dr.Fushen, ditujukan untuk memastikan penanganan pasien berjalan lancar dan maksimal. Di samping itu, supaya keamanan para pekerja maupun mereka yang berada di lingkungan rumah sakit bisa lebih terjamin.

“Bangunan RS Ukrida sendiri terdiri dari delapan lantai, di luar basement dan rooftop. Tiga lantai di antaranya, yang diperuntukkan bagi ruang perawatan, akan digunakan sebagai ruang perawatan pasien Covid-19 maupun asrama untuk para tenaga kesehatan,” ujar dr.Fushen.

Seperti diketahui peresmian RS Ukrida ini disebut sebagai The 1967’s Dream Comes True karena RS Ukrida memiliki visi untuk menjadi rumah sakit yang andal dalam skala regional dan nasional, dan terpercaya sebagai mitra kemanusiaan untuk menjadi sehat.

Tiga misi RS Ukrida yaitu melayani dengan kasih dan perhatian bagi pemulihan sesama, menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai dan berkeadilan bagi pasien, serta menjadi RS Pendidikan bagi Fakultas Kedokteran Ukrida.

Kemudian lima nilai yang dipegang RS Ukrida adalah Honest, Eager, A star value, Responsive, dan Teamwork, atau disingkat menjadi HEART. Dengan slogan Healing with Care, Caring with Heart. Dalam situasi normal, rumah sakit ini akan lebih difokuskan pada pelayanan masyarakat menengah ke bawah.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications