KAI Daop 1 Pastikan Tidak Ada Calo Surat Kesehatan di dalam Stasiun

WARTALIKA.id – PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan tidak ada calo surat kesehatan yang berkeliaran di area dalam stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Sedangkan keberadaan calo di area luar stasiun, KAI Daop 1 telah melakukan kordinasikan dengan pihak berwenang agar dapat di tindak lanjuti dan ditelusuri.

“Terkait informasi adanya pihak lain di luar area stasiun, yang menawarkan jasa kepada calon penumpang agar menuju klinik tertentu untuk melakukan rapid test atau pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan surat kesehatan, pihak KAI telah melaporkannya ke pihak yang berwenang agar segera di tindak lanjuti,” ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya kepada WARTALIKA.id, Ahad (20/12/2020).

Ia menjelaskan bahwa terkait pemeriksaan rapid test penumpang tidak harus melakukan proses tersebut di stasiun. Pemeriksaan rapid juga dapat dilakukan di instasi layanan kesehatan lainnya.

“Yang perlu diperhatikan adalah berkas hasil rapid test dengan hasil non reaktif tersebut wajib dibawa saat akan melakukan perjalanan kereta api,” kata Eva.

Menurut dia, rapid test bagi penumpang di stasiun merupakan layanan tambahan yang dihadirkan PT KAI dengan menggandeng PT RNI sebagai penyedia jasa tes. Tujuannya untuk mempermudah calon penumpang. Biaya rapid test di dalam stasiun Rp 85 ribu.

“Bagi calon penumpang yang akan rapid test di stasiun wajib harus menunjukan bukti kode booking tiket. Jika hasil rapid reaktif maka biaya tiket yang telah dibeli akan dikembalikan penuh. Layanan rapid stasiun beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 s.d 19.00 WIB,” jelasnya.

Ini dilakukan sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan yang ketat, selain berkas rapid atau PCR, calon penumpang kereta api jarak jauh juga akan melalui prosedur pengukuran suhu tubuh. Pengukuran suhu tubuh juga dilakukan secara berskala di atas KA.

“Apabila saat pengukuran suhu tubuh di stasiun kedapatan memiliki suhu diatas 37,3 derajat maka calon penumpang tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan dikembalikan penuh,” tambahnya.

Selain itu sambung Eva, bahwa protokol kesehatan lainnya juga diterapkan yakni kewajiban penumpang kereta api menggunakan masker saat berada di lingkungan stasiun dan memakai faceshiled yang diberikan secara gratis pada saat proses boarding.

“PT KAI Daop 1 menghimbau kepada seluruh pengguna jasa kereta api agar menjalankan protokol kesehatan yang telah ditentukan untuk kebaikan bersama yakni pencegahan penularan Covid-19,” sebut Eva.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications