Bisnis Masker Trustmed Beri Kontribusi Positif

REGIONAL

Camat KKT Akan Terapkan Program Pelayanan Berbasis Komputerisasi

Camat KKT Abas A. Renwarin

WARTALIKA.id – Study Banding merupakan bagian dari penguatan kapasitas kepada Para Camat sebagai penyelenggara Pemerintahan di Tingkat Kecamatan guna dapat memberikan perubahan terhadap mainset kinerja yang sudah baku dilaksanakan selama ini. Hal ini disampaikan Abas A. Renwarin Camat Kecamatan Kei Kecil Timur yang baru saja tiba kembali dari kabupaten Banyuwangi Jawa Timur kepada WARTALIKA.id diruang kerjanya Selasa, 22 Desember 2020.

“Ada hal-hal yang perlu menjadi perhatian saya sebagai penyelenggara Pemerintahan di Kecamatan ini, dikarenakan dengan lajunya perkembangan teknologi tentang komputerisasi perlu mendapat perhatian khusus demi menjawab berbagai ketertinggalan selama ini,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Kabupaten Banyuwangi maju dalam sistem Penyelenggaraan Pemerintahan dengan menggunakan IT sehingga dapat memperpendek rentang kendali bahkan hampir tidak ada lagi.

“Hal ini disebabkan karena rata-rata semua penyelenggara dapat memahami dan mengoperasikan komputer dengan baik di Kabupaten, Kecamatan hingga Pedesaan (Pemerintah Desa),” beber Renwarin.

Lebih unik lagi, menurut Renwarin terdapat sebuah Mall yang disebut Mall Pelayanan dimana terdapat pelaksana penyelenggara yang bertugas di Mall tersebut sehingga masyarakat dengan mudah dalam segala pengurusan.

“Di lain sisi tinggal masyarakat menyampaikan kebutuhannya melalui sistem aplikasi internet yang disiapkan pemerintah setempat,” ungkap Renwarin.

Walaupun semuanya ini menelan biaya yang cukup tinggi namun masyarakat sangat menyadari akan hal tersebut karena dapat menjawab kebutuhan masyarakat dengan cepat (sistem pelayanan cepat).

Camat KKT, Renwarin akan mencoba menerapkannya di Kecamatan Kei Kecil Timur termasuk Pemerintah Ohoi di Kecamatan ini. Serta semua Komponen Pemerintahan di Kecamatan setempat demi menjawab maksud dan tujuan reformasi birokrasi yang benar dan transparan kepada semua pihak.

Renwarin juga berharap Pemerintah Kabupaten Maluku  Tenggara kiranya dapat memperhatikan hal ini serta mendukungnya untuk tahun 2021 baik dari sisi anggaran maupun ketersediaan jaringan internet yang memadai dengan 4G.

“Hal itu agar mampu menjawab program tersebut sampai ke semua ohoi di Kecamatan Kei Kecil Timur,” pintanya serius.

“Mari bersama tingkatkan pelayanan publik di Maluku Tenggara dengan memanafaatkan IT sebagai sarana teknologi modern yang tumbuh dan berkembang membangun Maluku Tenggara yang lebih baik,” tambahnya.

Noorsafsaf
Tentang Penulis

Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI