• REGIONAL
  • Dasa Wisma Ohoi Rumaat Ikut Lomba Menyongsong Hari Ibu dan Natal 2020

Dasa Wisma Ohoi Rumaat Ikut Lomba Menyongsong Hari Ibu dan Natal 2020

WARTALIKA.id – Pemerintah Ohoi Rumaat dan TP PKK dalam menyongsong Hari Ibu serta manyambut Natal Kristus 25 Desember 2020 melaksanakan lomba Dasa Wisma tentang Kebun Dasa Wisma sera Kandang Natal. Hal ini disampaikan Kepala Ohoi Rumaat ditengah tengah kesibukan Tim Penilai saat melakukan kunjungan dan penilaian ke kebun kelompok Dasa Wisma sebanyak 11 kelompok itu. Rabu 23 Desember 2020.

Kepala Ohoi Rumaat Andreas Setitit mengatakan bahwa lomba Dasa Wisma dalam rangka HUT Hari Ibu dan Natal ini dilakukan sebagai uji coba untuk Ohoi Rumaat mempersiapkan berbagai hal untuk ikut serta dalam lomba ODF tahun 2021 nanti.

“Lomba ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana partisipasi aktif seluruh masyarakat dalam mempersiapkan Dasa Wismanya untuk ikut serta dalam lomba ini, namun puji Tuhan bahwa kenyataannya bukan saja Kaum Ibu PKK yang bergiat namun tak ketinggalan Kaum Bapak turut serta aktif membantu Ibu Ibu Dasa Wisma dalam menyiapkan semuanya ini,” jelas Andy.

Terkait pembiayaan kepada 11 kelompok Dasa Wisma Ohoi Rumaat, Andy mengatakan secara gamblang dihadapan para Ibu di setiap Kelompok bahwa Pemerintah Ohoi Rumaat hanya memberi bantuan dana sebesar Rp.3.500.000 untuk belanja bibit dan pupuk sementara hal-hal lain merupakan swadaya murni setiap kelompok.

Kata Andy Seitit bahwa Tim Penilai terdiri dari Unsur Pemerintah Ohoi Rumaat, BSO Ohoi Rumaat, Dewan Pastoral Stasi Rumaat, BSA, Pihak Puskesmas, TP PKK Ohoi Rumaat serta Para Guru dari SD dan SMP Rumat.

“Diharapkan kepada Tim Penilai agar dapatlah memberikan penilaian yang objektif teristimewa nilai estetika budaya lokal serta nilai partisipasi aktif kaum ibu dan masyarakat lingkungan itu sendiri,” tegasnya.

Terkait dengan persiapan Ohoi Rumaat akan ikut dalam lomba ODF tahun 2021 nanti, dirinya mengatakan bahwa Pemerintah Ohoi Rumaat bersama BSO Ohoi Rumaat akan menetapkan sebuah regulasi Ohoi terkait dengan keikutsertaan dalam lomba ODF nanti.

“Bahwa klaosul yang dituangkan kedalam regulasi nanti akan lebih mengerucut kepada masalah protokol kesehatan, kesehatan lingkungan, pemberdayaan masyarakat, partisipasi masyarakat serta hal hal pendukung lainnya,” papar Andy optimis.

Di tempat terpisah bersama Ny. Geno Ngoranmele Guru SD pada SD Naskat Rumaat ditanya terkait keterlibatannya dalam Tim Penilai mengatakan bahwa tugas sebagai Guru SD (ASN) tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Akan tetapi tugas kemasyarakatan seperti baik keagamaan maupun kemasyarakatan yang dipercatatkan Pemerintah Ohoi kepada saya maka saya menyatakan siap membantu dan mendukung program Pemerintah Ohoi Rumaat,” ungkap Ngoranmele.

Sementara Ketua Dasa Wisma 01 Ny. Lisdiana Rahakbauw saat ditemui WARTALIKA.id mengatakan bahwa kelompoknya sangat proaktif dalam kegiatan kelompok Dasa Wisma 01 tanpa ada perbedaan apapun serta tanpa ada paksaan.

“Karena hal ini merupakan kesadaran diri sendiri masing-masing Ibu-ibu di lingkungan ini dan kaum Bapak pun terlibat langsung tanpa ada permintaan kelompok kami,” imbuhnya.

Dirinya sungguh sangat bangga dengan peran dan partisipasi aktif semua masyarakat dalam mendukung Program Pemerintah Ohoi Rumaat terhadap kegiatan Program TP PKK Ohoi Rumaat.

Andy Setitit Kepala Ohoi Rumaat menambahkan secara tegas bahwa dirinya bersama masyarakat Ohoi Rumaat siap mengikuti lomba ODF Tahun 2021 nanti untuk meraih Juara dalam lomba tersebut.

“Doakan saja agar kami disini bisa merebut juara. Karena kami disini akan berusaha melakukan yang terbaik,” tutupnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications