• HANKAM
  • TNI
  • Pesawat MAF Dibakar, Kogabwilhan III Ajak Masyarakat Jangan Mudah Terprovokasi

Pesawat MAF Dibakar, Kogabwilhan III Ajak Masyarakat Jangan Mudah Terprovokasi

WARTALIKA.id – Sekelompok orang diduga kelompok kriminial separatis bersenjata (KKSB) menyerang pesawat mission aviation fellowship (MAF) di Distrik Biandoga,  Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Rabu (6/1) kemarin.

Tujuh penumpang dan pilot dilaporkan selamat dalam insiden tersebut.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III TNI Kolonel Czi IGN Suriastawa membenarkan adanya aksi pembakaran pesawat tersebut pada Rabu (6/1) kemarin. Ia mengatakan memang benar terjadi pembakaran terhadap pesawat seri PK MAK sesuai yang diberitakan base manager MAF Nabire.

Insiden ini berawal saat pesawat ditahan oleh massa saat hendak take off di Bandara Kampung Pagamba menuju Kabupaten Nabire. Mereka lalu menyerang pilot dan para penumpang.

“Pembakaran pesawat oleh massa ini diduga ditunggangi KKSB dengan melakukan tindakan brutal, kondisi ini diciptakan KKSB untuk memberi rasa takut terhadap masyarakat,” ujar Suriastawa dalam keterangannya, Kamis (7/1/2021).

Dia mengungkapkan, hal ini sebagai tindak lanjut jauh sebelumnya pernyataan yang pernah di keluarkan KKSB dengan mengancam terhadap setiap penerbangan sipil yang ada di Papua, baik diwilayah Papua maupun Papua Barat.

“Aksi mereka dimulai dengan dilakukan penembakan terhadap beberapa pesawat sipil termasuk beberapa hari yang lalu dilakukan penembakan terhadap pesawat helikopter PT freeport indonesia dan saat ini dilakukan pembakaran pesawat MAF, ” katanya

Suriastawa juga menghimbau kepada masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh kebringasan KKSB.

“Jangan terprovokasi tetap tenang dan bantu pemerintah untuk membangun Papua maupun Papua Barat agar bisa maju dan sejahtera,” tegasnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications