Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon di Semanan

WARTALIKA.id – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor Kalideres, Jakarta Barat mengevakuasi sarang tawon yang berada di batang pohon tepatnya di wilayah RT 05 RW 04 Kelurahan Semanan.

Warga sekitar, Imam Bayhaki (26) mengatakan, bahwa sarang tawon yang berukuran 85 Cm yang berada dibelakang rumahnya itu juga membuat masyarakat resah.

“Beberapa petugas PPSU Kelurahan Semanan saat membersihkan saluran telah menjadi korban sengatan tawon tersebut. Takut akan keberadaan sarang tawon itu menyengat warga, akhirnya kami meminta bantuan tim pemadam kebakaran dari sektor Kalideres untuk segera mengevakuasi,” ujar Bayhaki kepada WARTALIKA.id, Jumat (8/1/2021) malam

Menurut dia, bahwa sarang tawon ini sudah ada sekitar dua bulan yang lalu, awalnya kecil ternyata makin besar.

“Keberadannya sekitar ada dua bulan ya. Kalau dua bulan sudah sebesar ini berarti cepat juga bersarangnya,” ucap dia.

Bayhaki juga menjelaskan kalau keberadaan sarang tawon tersebut jika tidak dilakukan evakuasi takut membuat warga resah karena lokasinya dekat dengan pemukiman.

“Maka nya malam ini langsung dievakuasi oleh petugas Damkar, takutnya banyak anak-anak sering main disini,” paparnya.

Sementara itu, Ketua regu pemadam kebakaran sektor Kalideres Mujakir yang memimpin evakuasi mengatakan, proses evakuasi ini dilakukan setelah mendapatkan laporan warga RT 05 RW 04 Kelurahan Semanan yang resah akan keberadaan sarang tawon di salah satu belakang rumahnya.

“Kami tadi sore mendapatkan laporan, namun baru bisa lakukan evakuasi di malam hari, karena mengingat faktor keamanan, dan di malam hari binatang tersebut tidak berkeliaran, yang berbahaya bagi warga sekitar,” katanya.

Berdasarkan informasi, untuk menghindari sengatan tawon saat melakukan evakuasi, sebanyak 4 personil pemadam kebakaran dan 2 petugas PPSU diterjunkan menggunakan alat perlindungan lengkap, lalu mereka bersama- sama mengambil sarang tawon tersebut, kemudian dimasukan kedalam sebuah karung. Kurang dari setengah jam  sarang tawon berhasil dievakuasi.

 

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications