• MEGAPOLITAN
  • Kampung Pancasila Akan Dibentuk di Tanjung Duren Utara Jakbar, Ini Tujuannya

Kampung Pancasila Akan Dibentuk di Tanjung Duren Utara Jakbar, Ini Tujuannya

WARTALIKA.id – Lurah Tanjung Duren Utara, Iskandar menyebut bahwa dilingkungan RW 05 akan dibentuk Kampung Pancasila. Tujuannya, adalah meningkatkan kerukunan dan sikap toleransi antar umat beragama.

Selain itu juga untuk membangun moral bangsa dengan mengedepankan nilai-nilai pancasila untuk seluruh warga negara Indonesia.

“Kampung Pancasila akan dibentuk di RW 05 dengan tujuan untuk mengembalikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga ini akan membangun moralitas masyarakat,” ujar Iskandar, Selasa (26/1/2021).

Ia mengatakan, pihaknya tengah bersinergi dengan jajaran Koramil 03/Grogol Petamburan (Gropet) untuk menyiapkan kegiatan dan sosialisasi pembentukan kampung pancasila yang nantinya digelar di masyarakat.

Iskandar juga berharap nilai-nilai pancasila ini di gunakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di lingkungan masing masing

“Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen masyarakat seperti Kodim 0503/JB, Danramil 03/Gropet, pengurus RW dan RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi massa dan lain sebagainya,” katanya.

Sekedar diketahui, Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan menjadi salah satu percontohan bagaimana menjaga toleransi antar umat beragama di daerah. Apa yang terjadi di desa tersebut menjadi bukti bahwa Indonesia masih menjadi negara dengan tingkat kesadaran beragama yang tinggi antar warganya.

Meski berbeda keyakinan tidak membuat mereka memutuskan tali silaturahmi. Mereka tetap hidup rukun satu dan lainya. bahkan jika ada warga yang meninggal apapun agamanya seluruh warga pasti berduyun-duyun melayat.

Uniknya seluruh tempat ibadah di desa tersebut saling berdampingan. meskipun masyarakat berbeda agama namun tetap berada dalam keharmonisan satu dan lainnya. Selain itu tak jarang pula setiap keluarga ada memiliki keyakinan berbeda.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications