• MEGAPOLITAN
  • Wali Kota Jakarta Barat Pimpin Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan

Wali Kota Jakarta Barat Pimpin Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan

WARTALIKA.id – Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan. Apel gabungan bersama unsur TNI, Polri ini digelar di lapangan kantor Wali Kota Jakarta Barat pada Selasa (26/1/2021).

Pada kesempatan tersebut turut hadir Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo, Dandim 0503/JB Kolonel Inf Dadang Ismail Marjuki, para Kapolsek, para Danramil, para Camat dan pimpinan PT Pragon Novi Hendardi serta jajaran intansi terkait lainnya.

Dalam arahannya Wali Kota Uus menyampaikan, untuk antisipasi di musim penghujan bahwa pemerintah kota Jakarta Barat dengan jajaran kepolisian dan TNI bersama-sama berada di tengah-tengah masyarakat dalam situasi kondisi apapun termasuk dalam situasi kondisi bencana.

“Kesiapsiagaan ini adalah untuk menyatukan kekuatan bahwa kami dari pemerintah kota Jakarta Barat bersama dengan TNI, Polri siap siaga untuk mengantisipasi di musim penghujan. Kami akan hadir di tengah-tengah masyarakat Jakarta Barat dalam situasi kondisi apapun,” ujarnya.

Kendati demikian, Uus berharap apel kesiapsiagaan ini bisa menjadi salah satu bagian dari kesiapsiagaan jajaran Pemkot Jakarta Barat, TNI dan Polri untuk benar-benar mengantisipasi di musim penghujan yang sekarang sudah mulai intensitasnya tinggi.

“Kami tidak bisa berdiam sendiri namun perlu berkolaborasi dengan rekan-rekan dari jalur samping di antara TNI dan Polri termasuk juga unsur masyarakat yang lainnya seperti melibatkan peran RT, RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Mari bersama-sama untuk mengantisipasi di musim penghujan,” imbuhnya.

Uus juga mengungkapkan, sebanyak 35 persen wilayah Jakarta Barat merupakan dataran rendah. Wilayah tersebut akan tergenang air saat curah hujan di Jakarta Barat meningkat.

“Jadi 35 persen wilayah Jakarta Barat itu dataran rendah yang pada saat musim hujan pasti ada genangan,” katanya.

Untuk itu, upaya yang dilakukan Pemkot Jakarta Barat agar genangan tidak bertahan lama jika hujan deras dengan memperlebar saluran-saluran air yang sudah ada. Selan itu juga mengeruk lumpur waduk dan membangun sodetan serta dibuat kolam olakan di beberapa lokasi di Jakarta Barat. Maupun dibangun embung di dua kawasan rawan banjir yakni di Tegal Alur dan Semanan.

Di samping itu, jika bencana banjir masih melanda, Uus menjelaskan bahwa pemkot juga sudah bekerja sama dengan Polri dan TNI untuk menambah sarana prasarana yang dibutuhkan.

“Ada penambahan sarana prasarana dari TNI-Polri, seperti tenda dan perahu,” bebernya.

Selanjutnya, posko siaga bencana juga telah disiapkan di lokasi-lokasi rawan bencana di Jakarta Barat.

“Kami siapkan juga posko siaga bencana, ini sudah koordinasi dengan kapolres dan dandim,” terang Uus.

 

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications