• REGIONAL
  • Pj Kepala Ohoi Rat Serahkan Bantuan Speed Boat ke Kelompok Nelayan

Pj Kepala Ohoi Rat Serahkan Bantuan Speed Boat ke Kelompok Nelayan

WARTALIKA.id – Dana Desa Ohoi Rat Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2020 diperuntukan bagi Kelompok Nelayan setempat. Hal ini disampaikan M. Lasinra Ohoitenan Pj. Kepala Ohoi Rat kepada WARTALIKA.id usai acara kegiatan penyerahan bantuan Speed Boat dan mesin kepada 5 Kelompok Nelayan Ohoi Rat bertempat di Balai Rakyat setempat, Minggu 31 Januari 2021.

Pj Kepala Ohoi Rat M. Lasinra Ohoitenan dalam sambutan dan arahannya mengatakan bahwa bantuan Speed Boat dan mesin ini terdiri dari Bantuan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara cq. Dinas Kelautan dan Perikanan sebanyak satu unit, sedangkan lima lainnya berasal dari Dana Desa Ohoi Rat Tahun 2020.

“Agar setiap Kelompok Nelayan dapatlah bekerja sama yang baik dalam pemanfaatan, pemeliharaan dan perawatan terhadap bantuan yang diterima itu. Kiranya pengurus dan anggota dapat bekerja sama yang baik dalam pemanfaatannya sesuai peruntukannya dan jangan karena dipercayakan menjadi Ketua Kelompok lalu memonopoli bantuan tersebut dan dijadikan sebagai milik pribadi,” tegas Ohoitenan.

Dirinya juga sangat berharap agar dengan bantuan tersebut kelak dapat merubah pola hidup yang baik dari keterpurukan sebelumnya. Artinya, kata dia meningkatkan ekonomi kerakyatan dibidang kelautan dan perikanan.

“Tempo dulu semua orang sering datang belanja ikan di Ohoi Rat itupun hanya dengan semangat membuat alat tangkap jenis sero, tapi sekarang banyak orang lebih mencari ikan ke jasirah Ohoi Mastur Baru, Ohoi Garara, Ohoi Denwet. Sementara kita ketinggalan jauh, untuk itu dengan adanya bantuan ini dapat menumbuhkembangkan minat para nelayan dalam upaya dan usaha kelautan dan perikanan khususnya daya tangkap,” pinta Ricky Ohoitenan sapaan akrabnya.

M. Lasinra Ohoitenan alias Ricky menambahkan, oleh karena minimya Dana Desa 2020 dikarenakan terjadi revisi anggaran untuk prioritas pencegahan pandemi COVID-19 maka sarana prasarana alat tangkap belum dapat diakomodir dengan dana desa 2020, dan saat Musrenbang Ohoi Rat kemarin sudah dianggarkan untuk alat tangkap berbagai jenis.

“Jelas bahwa lima kelompok nelayan Ohoi Rat sudah menerima bantuan tersebut, dan satu unit lainnya akan diserahkan kemudian kepada kelompok enam. Karena administrasi pembentukannya terlambat sehingga dalam waktu yang tidak lama kami akan menyerahkan kepada kelompok tersebut,” janji Ricky Ohoitenan.

Ohoitnan juga menjelaskan bahwa bantuan ini semua akan diserahkan kepada kelompok penerima manfaat dan bukan disimpan menjadi miliknya.

“Perlu di ingatkan kepada semua kelompok bahwa apabila kedepan ini ada kegiatan Pemerintah Daerah yang membutuhan transportasi laut, maka semua kelompok harus siap membantu Pemerintah Ohoi Rat dalam kegiatan tersebut tanpa kecuali,” pinta Ricky.

Hal itu pun disambut baik semua kelompok secara spontan dihadapan Pj. Kepala Ohoi dan Perangkatnya, BSO Ohoi Rat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat serta masyarakat Ohoi Rat yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan ini selain Perangkat, juga Mantan Kepala Ohoi Rat Rizal Hamra Narew, Pendamping Lokal, Pihak Polsek Kei Kecil Timur Pemuda  dan Masyarakat.

Kegiatan tersebut ditutup dengan Doa yang dibawahkan Imam Mesjid Rat dan selanjutnya semua yang hadir diundang ke pantai untuk menyaksikan uji coba Speed Boat oleh setiap kelompok Nelayan.

Diakhir kegiatan uji coba tersebut M. Lasinra Ohoitenan Pj. Kepala Ohoi Rat menegaskan kepada semua kelompok nelayan bahwa apabila terjadi kecelakaan laut yang meminta pertolongan maka semua Speed Boat dikerahkan untuk melakukan bantuan penyelamatan bagi korban tanpa pamrih.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications