• REGIONAL
  • Hujan Disertai Angin Kencang Rusak 3 Rumah Warga di Desa Yafawun

Hujan Disertai Angin Kencang Rusak 3 Rumah Warga di Desa Yafawun

WARTALIKA.id – Akibat dilanda curah hujan deras dan angin serta petir mengakibatkan 3 unit rumah di Ohoi Yafawun mengalami kerusakan, termasuk salah satu diantaranya tertimpa pohon yang tumbang.

Hal ini dibenarkan Yanto Tharob Sekretaris Desa setempat di Ohoi Yaafawun, saat dikonfirmasi WARTALIKA.id, Sabtu 5 Februari 2021.

“Sebelumnya BMKG sudah memberikan imbauan terkait itu pada hari Rabu 27 Januari 2021 kemarin, dikatakan bahwa akan terjadi hujan deras disertai angin dengan intensitas tinggi yang akan terjadi di beberapa kabupaten,” ucap Yanto.

Lanjutnya, benar terjadi musibah tersebut dan kami telah menginformasikan kejadian itu kepada BPBD Kabupaten Maluku Tenggara, sehari setelah terjadi bencana tersebut.

Namun, kata dia hingga saat ini belum ada kunjungan atau bantuan dari OPD terkait. Menurutnya, mereka yang terkena bencana tersebut antara lain Sangat Matdoan, Saka Matdoan dan Faisal Rano Ohoirat.

“Kerusakan tersebut diantaranya dua rumah rusak ringan pada atap seng sedangkan yang tertimpa pohon mengalami kerusakan cukup berat,” kata Yanto Tharob.

Sementara pada malam kejadian tersebut turut hadir Babinsa Ohoi Mastur Baru Moh. Isro Toatubun yang turut serta menyaksikan kejadian ini, serta langsung mengambil gambar dokumentasi, kemudian berkoordinasi dengan Pemerintah Ohoi Yafawun agar segera melaporkan kejadian ini secara resmi kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara ke Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Yanto menambahkan bahwa setelah kejadian itu pihaknya sudah melakukan koordinasi internal dengan instansi terkait  agar segera membuat laporan resmi kepada SKPD di Pemerintah Kabupaten Malra.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan balik dan pada hari Senin 7 Februari 2021 akan ada evaluasi yang dilakukan Kepala Ohoi Yafawun. Hal ini merupakan agenda pertama dalam pembahasan,” beber Yanto dengan nada kesal.

Salahsatu rumah warga yang tertimpa pohon saat terjadi hujan deras di Desa Yafawun. (Foto: Nor Safsafubun/Wartalika.id)

Terpisah, Kudus Rumlus warga setempat mengatakan bahwa keadaan dan situasi saat terjadi hujan dan angin kencang tersebut datangnya dengan tiba-tiba.

“Curah hujan dengan intensitas tinggi disertai angin sehingga mengakibatkan tumbangnya pohon mangga yang langsung menimpah rumah warga tersebut,” bebernya.

Pihaknya juga berharap agar kiranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tenggara agar segera menyikapi bencana tersebut.

“Karena akibat dari bencana itu, mengakibatkan ketiga keluarga sampai sekarang harus mengungsi ke rumah keluarga lainnya,” tandasnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications