• REGIONAL
  • Pemerintah Ohoi Marfun Prioritaskan Kegiatan Pembangunan Infrastruktur Jalan

Pemerintah Ohoi Marfun Prioritaskan Kegiatan Pembangunan Infrastruktur Jalan

WARTALIKA.id – Program kegiatan pembangunan Ohoi Marfun Kecamatan Kei Kecil Timur Tahun Anggaran 2022 nanti lebih diarahkan kepada pembangunan infrastruktur jalan hotmix dari Jalan Ohoinol ke Ohoi Marfun dan Jalan Usaha Tani (JUT) serta program bedah rumah masyarakat.

Hal ini disampaikan PLH Kepala Ohoi Marfun Marcia Rahabav saat dihubungi WARTALIKA.id melalui telepon selulernya, Kamis petang 11 Februari  2021.

PLH Kepala Ohoi Marfun Marcia Rahabav mengatakan bahwa pembangunan Infrastruktur Jalan dan Bedah Rumah masyarakat ini sangat penting sesuai kebutuhan masyarakat setempat, dikarenakan jalan hotmix menuju Ohoi Ohoinol sudah hampir selesai sehingga ruas jalan menuju ohoi Marfun perlu juga diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dalam hal ini OPD terkait.

“Disamping jalan hotmix  dimaksud juga Jalan Usaha Tani  guna menjawab kebutuhan masyarakat tani setempat, karena 98 persen masyarakat Ohoi Marfun adalah petani yang setiap hari aksesnya hanya ke kebun. Kalau kami hanya mengusulkan kebutuhan speed boat merupakan hal yang lucu karena Ohoi sudah terletak di tengah Pulau Kei Kecil dan jauh dari pantai,” beber Marcia.

Sedangkan terkait dengan Bedah Rumah masyarakat adalah kebutuhan yang sangat mendasar untuk meningkatkan kesejahteraan hajat hidup masyarakat tentang rumah layak huni,

Menurutnya, disisi lain bahwa masyarakat sangat membutuhkan Jalan Usaha Tani yang layak menghubungkan kebun dan Ohoi/Kampung, karena disaat musim kemarau tanah kering dan padat, namun ketika hujan yang berkepanjangan dapat mempersulit akses pulang pergi kebun bagi petani setempat.

“Tiga program kegiatan tersebut merupakan skala prioritas Pemerintah Ohoi dan Masyarakat dalam pelaksanaan  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Ohoi Marfun tanpa terkecuali,” jelasnya.

Lanjutnya, sedangkn Program Bedah Rumah Masyarakat pun mendapat skala prioritas. Pihaknya menyadari dengan Pandemi COVID-19 ini menjadi perhatian Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun sampai di Daerah dan Desa/Ohoi.

“Akan tetapi sudah merupakan kewajiban Pemerintah Ohoi Marfun untuk meneruskan  dan mengakomodir dalam Musrenbang Kecamatan nanti,” imbuhnya.

Marcia juga merincikan bahwa Jalan Hotmix yang dibutuhkan sepanjang 900/4 meter sedangkan Jalan Usaha Tani 2 Km yang berlokasi di bagian Timur, Barat serta bagian Utara dari posisi Ohoi Marfun.

“Karena para petani kebanyakan berkebun di wilayah tersebut. Semoga usulan ini mendapat perhatian para pihak terkait,” tutup Marcia.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications