Bisnis Masker Trustmed Beri Kontribusi Positif

MEGAPOLITAN

Ditengah Pandemi Covid-19, PWI Koordinatoriat Jakbar Salurkan Bantuan di Tiga Lokasi

WARTALIKA.id – Ditengah pandemi Covid-19, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Koordinatoriat Jakarta Barat menyalurkan bantuan di tiga lokasi. Adapun kegiatan ini digelar terhadap korban kebakaran di Kalianyar, Tambora, santunan anak yatim Ponpes Annafsiah di Semanan dan bantuan kepada nenek lansia di Jalan Cendrawasih, Cengkareng.

Kegiatan bantuan sosial ini dilakukan atas kerjasama jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat.

Camat Tambora Bambang Sutarna saat dilokasi kebakaran di pemukiman warga RT 07/08 Kalianyar mengapresiasi aksi sosial PWI Koordinatoriat Jakarta Barat terhadap warga yang terdampak kebakaran.

“Dalam insiden kebakaran kemarin ada 22 rumah hangus terbakar, dan ada 45 Kepala Keluarga (KK) totalnya sebanyak 160 jiwa. Namun sebagian warga korban kebakaran mengungsi sementara di mushola terdekat,” ujar Bambang kepada awak media, Jumat (18/2/2021)

Bambang juga menegaskan bahwa pencegahan musibah kebakaran bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Melainkan warga pun harus membenahi kabel-kabel listrik yang rawan terjadinya konsleting. Gunakanlah kabel sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Sejak tahun 2019 Pemkot Jakarta Barat telah berkolaborasi dengan instasi terkait seperti PLN, Damkar, TNI, Polri, Kecamatan dan Kelurahan mensosialisasikan pemasangan kabel-kabel listrik, tabung gas ke kompor dan penggunaan serta perawaran Apar, untuk mencegah kebakaran,” kata dia.

Tak hanya itu, Bambang juga menghimbau warganya jika terjadi kebakaran selain menyelamatan jiwa dan keluarga, dokumen dan surat berharga perlu diselamatkan seperti surat tanah, KTP, Ijasah, KK dan beberapa surat penting lainnya.

“Jika warga yang kehilangan KTP, KK, Ijasah dan sebagainya bisa datang langsung ke kelurahan, nanti kita akan urus,” imbuhnya.

Sementara Ketua PWI Koordinatoriat Jakarta Barat Kornelius Naibaho menyampaikan, bahwa peran PWI Jakbar dalam memberikan penyaluran bantuan kasih ini tidak lepas dari kepedulian antar sesama.

“Kita perlu pahami bahwa ptofesi wartawan tidak hanya pandai menulis berita dan mengkritik, tetapi punya jiwa sosial,” bebernya.

Menurut Kornel, hari ini ada tiga titik lokasi yang akan diberi bantuan, pertama kepada warga korban kebakaran di RT 07/08 Kalianyar, Tambora, kemudian lokasi kedua yaitu santuan yatim piatu di Pondok Pesantren wilayah Semanan dan terakhir nenek lansia di Jalan Cendrawasih, Cengkareng.

“Harapannya bakti sosial ini semoga dapat di tiru oleh elemen masyarakat lainnya. Bersinergi dengan stakeholder dalam pembangunan Jakarta Barat yang lebih baik dan memberikan kenyamanan bagi warganya,” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama Kasatpelhub Kecamatan Tambora Didi Supardi perwakilan jajaran Sudinhub Jakbar mengucapkan rasa terima kasih dan terus mendukung peran PWI Jakbar dalam melaksanakan kegiatan aksi sosial.

“Tentunya dengan adanya kegiatan sosial ini setidaknya dapat membantu dan meringankan warga yang membutuhkan,” terangnya.

Ivan
Tentang Penulis

Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI