Bisnis Masker Trustmed Beri Kontribusi Positif

KESEHATANREGIONAL

Posyandu dan Posbimdu Ohoi Lumefar Giat Bersama Masyarakat

Petugas Posyandu dan Posbimdu Ohoi Lumefar saat melakukan giat. (Foto: Nor Safsafubun)

WARTALIKA.id – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pos Bimbingan Terpadu (Posbimdu) Ohoi Lumefar Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan Kabupaten Maluku Tenggara giat bersama masyarakat setempat. Hal ini disampaikan Pitrus Ohoira Sekretaris Ohoi Lumefar di Kantor Desa/Ohoi Rabu, 17 Februari 2021 kepada WARTALIKA.id

Pitrus Ohoira menjelaskan bahwa setiap tanggal 17 bulan berjalan tetap dilaksanakan dua kegiatan tersebut, diantaranya Posyandu melayani Kaum Ibu dan Anak, sedangkan Posbimdu melayani orang dewasa dan lansia, dan Kader dibantu oleh Para Bidan dari Puskesmas Danar yang sudah terbagi dalam Posyandu dan Posbimdu setempat.

“Kader Posyandu bersama Para Bidan Perawat melakukan penimbangan terhadap bayi dan balita serta pemeriksaan juga terhadap para Ibu hamil, maupun Ibu yang sedang menyusui,” kata Pit Ohoira.

Lanjutnya, sedangkan kelompok Posbimdu melaksanakan bimbingan kepada masyarakat teristimewa kelompok Lanjut Usia (Lansia) tentang tata kehidupan sehat, yaitu jangan membuang kotoran disembarangan tempat, dan harus menggunakan Jamban yang tersedia.

“Setiap hari harus selalu mandi waktu pagi dan sore, setiap masuk/keluar rumah wajib menggunakan masker serta mencuci tangan dengan air yang tersedia,” kata Ohoira.

Dalam pertemuan tersebut Ohoira juga mengingatkan semua masyarakat agar posyandu yang sudah disiapkan Pemerintah Ohoi Lumefar ini harus selalu dimanfaatkan setiap hari.

“Apabila sakit karena Posyandu ini Pemerintah Ohoi sudah memfasilitasi dengan berbagai obat sesui kebutuhan,” jelasnya.

Kepada Bayi dan Balita Pit juga berharap agar  setiap orang tua wajib menyiapkan makanan yang bergizi, baik walaupun Pemerintah Ohoi telah memberikan makanan tambahan kepada anak.

“Namun kewajiban orang tua patut memperhatikannya demi anak-anak ini,” imbuhnya.

“Para orang tua juga harus selalu memperhatikan perkembangan berat dan panjang bayi balita hari ini, dan dibandingkan dengan hasil kegiatan Posyandu bulan lalu untuk selalu diketahui perkembangan kesehatan anak itu sendiri,” tutup Pit Ohoira.

Noorsafsaf
Tentang Penulis

Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI