• HANKAM
  • POLRI
  • Kanit Binmas Polsek KKT Giat Sosialisasi Perpres Siber Pungli

Kanit Binmas Polsek KKT Giat Sosialisasi Perpres Siber Pungli

WARTALIKA.id – Bripka Leo Barends Kanit Binmas didampingi Kanit Intel Firman Jamal Polsek Kei Kecil Timur melaksanakan sosialisasi tentang Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 tentang Siber Pungutan Liar (Pungli) di Balai Ohoi Rat Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara. Kamis 25 Februari 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri Perangkat Pemerintah Ohoi Rat dan sejumlah warga.

Kanit Binmas Leo Barends dalam kegiatan sosialisasi Perpres tersebut menjelaskan antara lain tentang pesan-pesan siber pungutan liar.

“Yang sangat penting diketahui Perangkat Ohoi Rat untuk menjadi perhatian dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan terutama terhadap pelayanan publik agar selalu terhindar dari adanya perlakuan pungutan liar (Pungli) dimaksud,” terang Barends.

Leo Barends juga menjelaskan secara detail tentang unsur pidana dan denda pemberi suap dan penerima suap, sehingga peserta dapat memahami dengan baik. Peserta merasa bersyukur atas kegiatan tersebut sebagai penyelenggara pemerintahan di Ohoi agar dapat memahami sebagai pedoman dalam tugasnya.

Bripka Leo Barends juga menguraikan bahwa ketika terjadi kasus penyuapan maka sanksi adalah Penyuap berdasarkan Pasal 2 dipidana penjara selama 5 tahun, penjara disertai denda sebesar Rp.15.000.000.00 sedangkan penerima suap sesuai pasal 3 dipidana penjara 3 tahun disertai denda Rp.15.000.000.00.

Untuk itu Bripka Leo Barends dalam pesan moralnya mengingatkan kepada peserta untuk selalu menghindari diri dari perbuatan tak terpuji itu, serta mengharapkan agar sekembalinya dari kegiatan ini berharap dapat pula menyampaikam kepada keluarga, kaum kerabatnya serta siapa saja yang berada disekelilingnya.

Sementara Siti Setitit selaku Sekretaris Ohoi Rat sempat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kanit Binmas Bripka Leo Barends bersama Kanit Intel Bripka  Firman Jamal dari Polsek KKT yang sudah meluangkan waktu bersama pihaknya dalam kegiatan sosialisasi Perpres No. 87 Tahun 2016 tentang siber Pungli di Desa/Ohoi Rat.

“Saya juga berharap kepada masyarakat agar menghindari diri dari perbuatan tak terpuji itu, dan bukan itu saja namun jika ada masyarakat yang menemukan perbuatan tersebut segera melapor kepada Pemerintah Ohoi Rat untuk selanjutnya diteruskan kepada pihak Polsek Kei Kecil Timur di Rumaat,” tutupnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications