• REGIONAL
  • Ohoi Wain, Iso dan Revav Mendapat Proyek Air Bersih dari PUPR Provinsi Maluku

Ohoi Wain, Iso dan Revav Mendapat Proyek Air Bersih dari PUPR Provinsi Maluku

WARTALIKA.id – Air bersih merupakan salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat, sehingga perlu mendapat bantuan Pemerintah baik Pemerintah Provinsi Maluku Maupun Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara.

Adrianus Renwarin salah satu staf pelaksana pada Dinas PUPR Provinsi Maluku saat ditemui WARTALIKA.id di lokasi sumber air di Ohoi Iso mengatakan bahwa Ohoi Wain, Iso dan Revav mendapat satu paket Proyek Air bersih yang bersumber dari APBDP Provinsi Maluku Tahun anggaran 2020 senilai Rp 2 milyar.

“Dan pekerjaan di Ohoi Wain sudah dimulai dengan penggalian jalur pipa sedangkan Ohoi Iso hanya membutuhkan pompa dengan listrik bertenaga surya (Solarsel) yang sudah terpasang,” kata  Adrianus  sambil mengatakan bahwa hari ini Jumat 5 Maret 2021 sudah dapat beroperasi dengan baik.

Lanjut dia, setelah pekerjaan di Ohoi Iso rampung maka akan berpindah melaksanakan pekerjaan yang sama di Ohoi Revav, dan menurut rencana bahwa proyek tersebut diusahakan rampung dalam bulan Maret 2021 termasuk pekerjaan di Ohoi Wain Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara.

Renwarin juga memastikan bahwa dirinya akan menyampaikan keluhan masyarakat Ohoi Watngon terkait kelangkaan air bersih bagi masyarakat tersebut kepada pihak Dinas PUPR Provinsi Maluku untuk penambahan pipanisasi dari Ohoi Denwet ke Ohoi Yafawun, Ohoi Abean Kamear dan Ohoi Watngon.

“Masyarakat Ohoi Yafawun, Ohoi Abean Kamear dan Ohoi Watngon mengharapkan agar dapatlah apa yang akan saya sampaikan kepada saya selaku Staf pelaksana Dinas PUPR Provinsi Maluku kiranya dapat terealisir di Tahun 2021 ini,” imbuh dia.

Ditempat yang sama juga Pj. Kepala Ohoi Iso Ireneus Tharob saat diminta keterangannya terkait proyek air bersih tersebut mengatakan bahwa Perigi sebagai sumber air tersebut sudah siap dengan kedalaman 23 meter dengan ketinggian genangan air 1,35 meter.

“Itu akan mulai uji coba Jumat 5 Maret 2021 nanti dengan menggunakan pompa celup,” ungkap Ireneus.

Pj. Kepala Ohoi Iso Iren Tharob juga menyampaikan kepada Adrianus Renwarin bahwa di jasirah Wain, Iso, Disuk, Revav, Watngon, Abean Kamear dan Yafawun sungguh sangat sulit untuk mendapatkan sumber air bawah tanah yang baik, sehingga Pihak Pemprov Maluku dalam hal ini Dinas PUPR memperhatikan keluhan tersebut.

“Maka dengan demikian kebutuhan air bersih warga masyarakat dapat sepenuhnya terpenuhi,” terangnya.

Abu Kobarubun Pemuda asal Ohoi Abean Kamear ketika ditanya terkait dengan informasi tentang akan dilanjutkan pekerjaan pipanisasi sambungan dari Ohoi Denwet ke Ohoi Yafawun, Ohoi Abean Kamear serta Ohoi Watngon, dirinya sangat menyambut baik serta mengharapkan kelangkaan air bersih di ketiga Ohoi tersebut dapat tercapai sesuai harapan masyarakat setempat.

“Yah harapan kami disini agar kelangkaan air bersih di ketiga Ohoi dapat segera teratasi,” pinta Abu Kobarubun.

Ditempat terpisah Leven Ruslani menambahkan bahwa masyarakat Abean Kamear, Watngon dan Yafawun disaat musim hujan boleh memperoleh air dari sumur yang ada, dengan sumber resapan limbah air hujan yang nantinya di musim kemarau panjang akan mengalami kekeringan juga.

“Kami hanya berharap agar perhatian Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas PUPR Provinsi Maluku dapatlah menjadi kenyataan bagi masyarakat setempat,” kata Leven Ruslani.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications