• REGIONAL
  • Kepala SMA Sanata Karya Langgur Tanggapi Positif Kebijakan Belajar Tatap Muka

Kepala SMA Sanata Karya Langgur Tanggapi Positif Kebijakan Belajar Tatap Muka

WARTALIKA.id  – Tingkat penyebaran COVID-19 di Kabupaten Maluku Tenggara menurun sehingga Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun mengeluarkan surat tentang penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di masa Covid 19, yang selanjutnya ditindaklanjuti Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Tenggara kepada Para Kepala SMA/SMK/SMAK dan sederajat di Wilayah Kabupaten Maluku Tenggara terhadap sistem Pembelajaran tatap muka.

Atas dasar itu Kepala SMA Sanata Karya Langgur, Pastor Lopez Sirken Pr saat dihubungi WARTALIKA.id melalui telepon seluler di kediamannya di Unio Proja Langgur mengatakan bahwa pihaknya selaku Kepala SMA Sanata Karya Langgur sangat mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, terhadap pembelajaran di masa Covid 19, dengan sisten Tatap Muka sehingga langkah cepat yang dilakukannya adalah menggelar rapat bersama Dewan Guru dalam menyikapi Kebijakan Pemerintah Daerah.

“Pihak Sekolah menyambut baik hal tersebut dengan menata kembali program percepatan pembelajaran di sekolaa. Karena selama masa Pandemi Covid 19 dengan menggunakan sistem dalam jaringan (Daring) yang merupakan hambatan, dan tantangan bagi siswa di berbagai kebutuhan untuk itu,” kata Pastor Lopez. Senin (8/3/2021).  

Pastor Lopez menjelaskan Siswa dan Siswi belum siap dikarenakan sebagian anak belum memiliki Laptop maupun handphone android untuk mengakses internet, serta memakan biaya yang cukup signifikan, sehingga mengakibatkan ketertiggalan dalam target pencapaian belajar.

Dengan demikian, maka selaku Kepala Sekolah bersama Dewan Guru  berupaya menyusun modul yang praktis bagi siswa yang dapat mempermudah serta mengejar ketertinggalan selama masa Covid 19 ini.

“Pihak Sekolah selalu siap menjalankan  segala sesuatu yang merupakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara tentang kebijakan pembelajaran di semua tingkatan pendidikan di daerah tercinta ini, dengan selalu mentaati Protokol Kesehatan dengan budaya mencuci tangan, memakai masker, mengatur jarak serta menghindari diri dari kerumunan manusia baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan ditengah masyarakat,” imbuh Pastor Lopez.

Lanjutnya, bukan saja itu akan tetapi penataan ruang kelas pun hanya terdapat 9-10 siswa dengan menempati satu ruangan kelas mengakibatkan banyak jumlah kelas bagi siswa dan guru diwajibkan untuk melakukan dua kali pertemuan dengan siswa.

“Artinya jam pertama tatap muka dengan kelas kelompok A dan selanjutnya ke kelas Kelompok B dengan materi pembelajaran yang sama, selain proses pembelajaran tatap muka di sekolah akan tetapi juga dibarengi dengan modul yang disiapkan bagi siswa untuk dikerjakan dirumah,” terangnya

Pastor Lopes Sirken juga  berpesan kepada siswa agar selalu memperhatikan protokol kesehatan serta kebersihan yang menurutnya bahwa sekolah menyediakan semua fasilitas yang berhubungan dengan Protokol kesehatan di Sekolah untuk digunakan, akan tetapi yang perlu diperhatikan dengan baik adalah saat pagi hendak ke sekolah tidak terlambat dan langsung ke sekolah.

“Dan selepas sekolah harus juga langsung di rumah untuk menghindari diri dari kerumunan banyak orang,” tegas Pastor Lopez Sirken.

Ia juga mengharapkan kepada Para Orang Tua Siswa agar selalu memperhatikan disiplin dan kebersihan anak dirumah. Artinya, kata dia anak hadir disekolah tepat waktu dan pulangpun harus tepat waktu, kemudian menyangkut kebersihan adalah hal yang sangat penting sehingga anak pulang sekolah harus mandi serta pakaiannya harus dicuci setiap hari.

“Jangan harus menunggu sampai dua tiga hari, akan tetapi eloknya setiap hari agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19,” pinta Pastor Lopez Sirken.

Dirinya juga menginformasikan bahwa nantinya hari Rabu 10 Maret 2021 akan ada pertemuan MKKS (Musyawarah Kepala-Kepala Sekolah) di Aula Kantor Bupati Maluku Tenggara.

“Pertemuan itu dalam rangka pembahasan terkait proses pembelajaran di masa Covid-19 serta hal-hal teknis pembelajaran lainnya,” tutup Lopez Sirken.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications