• REGIONAL
  • Pj Kepala Ohoi Evu: Lokasi Wisata Air Evu Sudah Dibuka untuk Umum

Pj Kepala Ohoi Evu: Lokasi Wisata Air Evu Sudah Dibuka untuk Umum

WARTALIKA.id – Pasca pandemi Covid-19 di Indonesia sejak Maret 2020 maka langkah yang ditempuh Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara yaitu menutup semua tempat wisata di daerah ini dengan memperhatikan Protokol Kesehatan, sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Maluku Tenggara.

Demikian disampaikan Pj. Kepala Ohoi Evu, Friets Elmas saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu 7 Maret 2021.

“Selama setahun tempat wisata ini ditutup karena Covid-19 dapat memberi dampak yang sangat berpengaruh terhadap pendapatan perkapita masyarakat Ohoi Evu, termasuk Penerimaan Asli Desa (PAD) selama setahun penuh terhitung Maret 2020-Maret  2021 ini,” kata Friets Elmas.

Dirinya menambahkan bahwa Ibu-ibu Ohoi Evu sudah menyatakan keluhan kepada dirinya sebagai Pj. Kepala Ohoi Evu, karena sudah sekian lama ini tidak ada lagi aktivitas di lokasi tersebut untuk memberikan tambahan penghasilan dalam keluarga.

“Karena banyak tanggung jawab rumah tangga seperti  anak sekolah dan kuliah yang setiap saat membutuhkan  dana kebutuhan sekolah dan kuliah,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pertama bahwa para ibu yang beraktifitas di lokasi wisata tersebut sebagai kuliner penyediaan makanan tradisional hingga kini cukup dirasakan pihaknya bersama masyarakat, sehingga Pj. Kepala Ohoi Evu Friets Elmas sempat memberikan arahan bahwa lokasi wisata tersebut boleh dibuka untuk umum, dengan memperhatikan beberapa seruan Pemerintah Ohoi Evu yaitu pertama masyarakat Ohoi Evu wajib melakukan pembersihan di lokasi/Area Wisata tersebut agar selalu bersih sebelum datangnya Para Pengunjung.

Kedua bahwa baik pengelola maupun pengunjung wajib mentaati Protokol Kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan, mengatur jarak dan terhindar dari kerumunan pengunjung, serta pemanfaatan Linmas Ohoi Evu untuk memperhatikan keamanan teristimewa tertib terhadap Protokol Kesehatan.

Elmas menambahkan, bahwa dengan dampak Pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, karena lokasi air tersebut merupakan salah satu destinasi wisata di Ohoi Evu.

“Dimana hal itu dapat memberikan kontribusi penerimaan desa maupun meningkatkan pendapatan masyarakat setempat,” tuturnya.

Untuk itu, Friets Elmas selaku Pj. Kepala Ohoi Evu berkenaan membuka lokasi wisata tersebut untuk umum dan bagi masyarakat setempat wajib mentaati Protokol Kesehatan dalam beraktivitas sebagai kuliner di tempat tersebut.

“Hari ini Minggu 7 Maret 2021 ada kunjungan Bapak Bupati Maluku Tenggara didampingi Camat Hoat Sorbay, Ekan Refra di lokasi Air Evu untuk melihat langsung keberadaan masyarakat pengunjung serta berbagai aktivitas Para Ibu Ohoi Evu di lokasi wisata tersebut,” tutup Friets Elmas.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications