• MEGAPOLITAN
  • Jadi Cagar Budaya, Wali Kota Jakbar: Masjid Jami Al Mansur Akan Direnovasi

Jadi Cagar Budaya, Wali Kota Jakbar: Masjid Jami Al Mansur Akan Direnovasi

WARTALIKA.id – Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto meninjau masjid Jami Al Mansur yang berada di Jalan Sawah Lio, Jembatan Lima, Kecamatan Tambora, Rabu (17/3/2021).

Masjid yang masuk cagar budaya ini kondisinya sangat memprihatinkan. Seperti beberapa bagian bangunan sudah rapuh, terutama bagian atap yang kerap mengalami kebocoran saat hujan. Bagian lain yang menjadi perhatian adalah kubah menara. Masjid yang berusia kurang lebih 3 abad ini rencananya akan direnovasi.

“Kami datang ingin melihat kondisi masjid yang rencananya dalam waktu dekat akan direnovasi,” ujar Uus didampingi dua asisten yakni Asisten Pemerintahan, Yunus Burhan, dan Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, Amin Haji.

Menurutnya, renovasi masjid yang telah diungkapkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat menghadiri haul ke-50 tahun KH. Muhammad Mansur, tahun 2017, akan dilakukan tahun 2021. Di perkirakan dilakukan saat memasuki bulan ramadhan.

Dalam peninjauan itu, orang nomor satu Pemkot Jakarta Barat ini mendapat penjelasan dari pengurus DKM Masjid Jami Al Mansur, Tahfif Jamal, terkait kondisi masjid.

“Nanti pengerjaannya dilakukan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Tidak semua direhab, bangunan aslinya harus tetap dijaga karena masjid ini masuk cagar budaya,” kata

Di tempat yang sama, pengurus DKM Masjid Jami Al Mansur, Tahfif Jamal menjelaskan, Masjid Jami Al Mansur adalah salah satu masjid tertua di Jakarta. Masjid yang terletak di kawasan Tambora ini dibangun pada tahun 1717. Nama dari masjid ini diambil dari guru Mansur yang merupakan seorang ulama dan pejuang kemerdekaan Indonesia.

“Menurut catatan sejarah, baku tembak antara pejuang kemerdekaan dengan tentara Belanda terjadi saat Guru Mansur mengibarkan bendera Merah Putih di atas kubah menara masjid. Kalau dilihat kondisi kubah menara agak miring,” tandasnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications