• REGIONAL
  • Pemda Maluku Tenggara Laksanakan Uji Kompetensi Jabatan Tinggi Pratama

Pemda Maluku Tenggara Laksanakan Uji Kompetensi Jabatan Tinggi Pratama

WARTALIKA.id – Dengan adanya Tiga Jabatan Esalon II yang masih kosong karena Jabatan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Maluku Tenggara karena berhalangan tetap (Meninggal Dunia) dan Jabatan Kepala Dinas Perhubungan serta Jabatan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Maluku Tenggara, ASN bersangkutan telah mencapai batas usia (Pensiun), maka sudah tentu perlu segera diisi demi kelancaran pelaksanaan tugas Pemerintahan di bidang masing-masing.

Hal ini disampaikan A. Yani Rahawarin Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara diruang kerjanya, Selasa 16 Maret 2021.

“Akibat adanya kekosongan pada Jabatan Esalon II ini, maka terbentuklah Panitia Seleksi untuk melaksanakan Proses tersebut yang diawali dengan proses administrasi yang dilaksanakan Pansel termasuk pembukaan pendaftaran kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Maluku Tenggara, yang memenuhi Pangkat Permulaan dalam Jabatan Pimpinan Pratama dan sudah melalui uji kompetensi dari Asesor BKN Makassar,” kata A. Yani Rahawarin sekaligus Ketua Panitia Seleksi.

Lebih jauh dikatakan, dengan persyaratan selanjutnya adalah setiap peserta harus membuat Makalah yang kemudian akan dipresentasikan dihadapan Asesor dan Tim Seleksi, yang kemudian akan ada wawancara dari Tim Seleksi serta BKN Makassar sebagai Asesor yang dilaksanakan sejak hari pertama.

“Hal itu juga diharapkan agar hari ini sudah bisa selesai dan tahap berikut adalah pengumuman hasil seleksi untuk mendapatkan 3 besar calon yang memenuhi syarat masuk,” ungkap Rahawarin.

Rahawarin menjelaskan bahwa Tim Seleksi dan Asesor ada 5 (lima) orang, antara lain 3 atau 70% dari Luar yaitu Akademisi Prof. Dr. Mon. Nirahua dari Universitas Pattimura Ambon, Yusroni Rahayaan Direktur Poltek Perikanan Negeri Tual, Jasmono Kepala BKD Provinsi Maluku dan Drs. A. Yani Rahawarin M.Si (Sekda Malra/Ketua Pansel) serta Muhsin Rahayaan (Kepala BKDSDM Malra/Sekretaris Pansel).

“Kegiatan ini sudah dimulai sejak Senin 15 Maret hingga Selasa 16 Maret 2021 yang diikuti 14 peserta. Dan saat ini masih dalam tahapan wawancara sejak kemarin 7 peserta sudah diwawancarai untuk Jabatan Kepala Dinas Kebudayaan dan hari ini 3 peserta mengikuti seleksi Jabatan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga. Sementara 4 peserta tersisa akan mengikuti tahap wawancara untuk Jabatan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tenggara,” imbuhnya.

Menurutnya, jika tahap wawancara ini selesai maka akan maju ke tahap pengumuman dari seluruh rangkaian penilaian yang dimulai dari penilaian dokumen dari Asesor serta hasil presentasi dan wawancara, untuk mendapatkan nilai nominal  yang dicapai peserta yang masuk dalam kategori 3 besar untuk masing-masing Jabatan.

“Dimana nanti diserahkan kepada Bupati Maluku Tenggara untuk menetapkan peserta yang menduduki jabatan tersebut, karena Bupati adalah Pembina Kepegawaian di Kabupaten Maluku Tenggara,” jelas Rahawarin.

Ditanya terkait dengan penetapan Bupati Maluku Tenggara, Ia menjelaskan bahwa paling lama 2 pekan depan sudah dapat terealisir agar kekosongan jabatan tersebut segera di isi.

“Semua demi kelancaran pelaksanaan tugas Pemerintahan baik Dinas Kebudayaan, Dinas Pemuda dan Olah Raga serta Dinas Perhubungan di Kabupaten Maluku Tenggara tercinta ini,” tutup Rahawarin.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications