PWI Jaya Gelar Orientasi Wartawan ke-8 Tahun 2021

WARTALIKA.id – Sebanyak 34 wartawan dari berbagai media massa, baik cetak maupun online mengikuti kegiatan orientasi PWI Jaya angkatan ke-8 tahun 2021 yang berlangsung di sekretariat PWI Jaya, Gedung Sasana Karya Lantai 9, Jalan Suryo Pranoto No. 8, Jakarta Pusat, Rabu (17/3/2021).

Kegiatan orientasi PWI wartawan ini dimulai pukul 08.00 WIB. Dibuka langsung oleh Sekertaris PWI Jaya, Kesit B Handoyo. Ia menyampaikan, era digital ini wartawan dituntut kemampuannya dalam mengaplikasikan teknologi yang semakin canggih untuk menjalankan tugas jurnalistik.

“Orientasi wartawan penting guna meningkatkan profesionalisme di era pertumbuhan media massa dan media sosial yang demikian pesat,” ujarnya.

Selain itu dalam Orientasi ini membahas soal Peraturan Dasar-Peraturan Rumah Tangga (PD-PRT) PWI, yang disampaikan oleh anggota Dewan Kehormatan PWI Jaya, M.Yusuf MS.

Pada sesi ketiga, peserta dibekali materi Penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Peserta dari berbagai media cetak dan online juga mendapat materi pedoman pemberitaan ramah anak (PPRA) dan Pedoman Media Siber oleh Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Jaya, Arman Suparman.

Sementara itu, Ketua PWI DKI Jakarta Sayid Iskandarsyah mengaku bangga kepada wartawan yang hadir karena ingin menjadi anggota PWI.

Di era digital ini wartawan dituntut kemampuan profesionalitasnya dalam menulis berita dengan baik dan benar sesuai dengan UU Pers No. 40 tahun 1999 dengan memperhatikan KEJ.

“Bagi saya ini adalah kebanggaan, teman-teman mau ikut orientasi, dan ingin menjadi keanggotaan PWI Jaya,” kata Sayid dalam sambutannya.

Dikesempatan yang sama Sekretaris II PWI Jaya, Naek Pangaribuan yang menjadi pembicara membahas bagaimana cara penulisan berita yang baik dan benar kepada peserta orientasi. Ia juga menerangkan bagaimana cara menyusun laporan atau informasi aktual tentang suatu peristiwa atau masalah untuk dipublikasikan di media massa.

“Menulis berita adalah tugas utama jadi wartawan. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, wartawan harus bisa menulis dan memahami Kode Etik Jurnalistik (KEJ),” pesan Naek.

Di akhir sesi ini peserta diminta membuat berita peristiwa konfrensi pers terkait pengungkapan narkoba di Polda Metro Jaya. Materi ini menjadi salah satu penilaian dan sebagai syarat kelulusan sebagai anggota PWI Jaya.Kelulusan peserta bakal diumumkan 14 hari kerja setelah orientasi digelar

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications