Target Vaksinasi Hewan Penular Rabies di Jakbar 7.500 Ekor

WARTALIKA.id – Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudis KPKP) Jakarta Barat Iwan Indriyanto menyampaikan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi Hewan Penular Rabies (HPR) dengan menyesuaikan aturan, situasi dalam kondisi pandemi Covid-19.

Menurutnya, Sudis KPKP Jakarta Barat menargetkan vaksinasi untuk HPR tahun 2021 sebanyak 7.500 ekor.

“Kita sedang lakukan penyusunan jadwal yang disesuaikan dengan kondisi saat ini. Yang jelas persiapan sudah kita lakukan. Target tahun ini 7.500 ekor,” ujar, Iwan, Jumat (19/3).

Ia mengatakan, pada tahun 2020 lalu pencapaian vaksinasi rabies di Jakarta Barat melebihi target. Dari 7.000 yang tercapai 8.589 ekor. Tercatat kucing mencapai sekitar 5.000 ekor, anjing 3.000, sisanya kera sekitar 20 ribuan.

“Vaksinasi HPR ini dalam rangka mendukung dan mempertahankan Jakarta bebas rabies,” kata Iwan.

Lebih lanjut ia juga memaparkan untuk tahun ini teknis pelaksanaan vaksinasi sama seperti tahun lalu.

“Kita lakukan vaksinasi yang sifatnya diberikan kepada masyarakat. Kita tetap lakukan itu dengan memerhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dan pencegahan tidak terjadinya kerumunan,” sambungnya.

Dia menerangkan pembatasan jumlah hewan yang akan divaksin dalam satu hari dengan lokasi yang tentukan, atau berkoordinasi dengan Kelurahan, bisa dikomunikasikan dengan pengurus RT/RW setempat agar pelaksanaan vaksinasi HPR berjalan aman, tidak terjadi suatu kerumunan.

“Nanti dijadwalkan pemberian vaksinasi. Kalau biasanya kita adakan di satu titik, nanti warganya yang datang. Makanya kita libatkan Lurah, RT/RW, karena mereka yang tahu di mana warga yang banyak punya hewan peliharaan,” jelas Iwan.

Selain itu, ia meminta kepada warga yang ingin vaksin hewan peliharaannya bisa menghubungi satuan pelaksana (Satlak) KPKP di Kecamatan.

“Nanti kalau jadwalnya sudah ada kita share lokasinya, supaya masyarakat tahu kapan dan di mana ada vaksinasi rabies,” tutupnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications