SPAM Mookervaart Diresmikan, Gubernur DKI Berharap Ini Jadi Percontohan

WARTALIKA.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Mookervaart, di area Rumah Susun (Rusun) Pesakih, Daan Mogot, Jakarta Barat, pada Senin (22/3/2021).

Pantauan dilokasi sebelum meresmikan, Gubernur Anies didampingi Wali kota Jakarta Barat Uus Kuswanto, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Yusmada Faizal dan jajaran PAM Jaya mengecek instalasi pengelolaan air yang ada di lokasi.

“Mungkin ini salah satu yang pertama yang dibuat untuk kebutuhan publik. Kalau untuk komplek-komplek ini sudah ada. Tapi untuk kebutuhan publik, ini salah satu yang pertama. Dan kami berharap ini nanti jadi percontohan,” ujar Anies.

Ia mengatakan, dengan SPAM Mookervaart kebutuhan masyarakat di Rusun Pesakih Daan Mogot bisa terpenuhi.

“Harapan kita tentu ini bukan hanya satu tempat, nantinya akan bisa di banyak tempat. Dan kita berharap nantinya masyarakat di Jakarta memiliki akses air induk yang lengkap di mana pun, kapan pun bisa mendapatkan air minum dengan baik,” ucapnya.

Untuk itu, Anies juga berharap SPAM tersebut nantinya bisa dijadikan model atau contoh dan bisa dikembangkan ukuran serta jaringannya. Menurut dia, semua itu membutuhkan keseriusan dan diharapkan SPAM tersebut bisa jadi pelajaran untuk dilaksanakan di berbagai tempat di seluruh Jakarta.

“Insya Allah nantinya Jakarta menjadi Ibukota, di mana warganya mendapatkan akses air minum dengan baik. Dengan mengucap Bismillahirrohmaanirrohiim, pada hari ini, Senin 22 Maret tahun 2021, Sistem Penyediaan Air Minum Mookervaart Pesakih dinyatakan resmi digunakan,” pungkas Anies.

Sementara Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo menjelaskan SPAM Mookervaart adalah contoh SPAM komunal yang sumber air bakunya berasal dari Kali Mookervaart.

“Ini akan memenuhi kebutuhan sebanyak 1.902 unit rusunawa yang saat ini sudah dibangun dan akan dibangun lagi, dan ini setara dengan 9.700 jiwa yang akan terlayani,” tambahnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications