• REGIONAL
  • Camat Kei Kecil Timur Selatan Apresiasi Kinerja Dasa Wisma Lumefar

Camat Kei Kecil Timur Selatan Apresiasi Kinerja Dasa Wisma Lumefar

WARTALIKA.id – Camat Kei Kecil Timur Selatan (KKTS), Viktor Ohoira sangat mengapresiasi Kinerja Kelompok Dasa Wisma Ohoi Danar Lumefar atas keberhasilan menanam Padi pada lima lahan masing-masing berukuran 30×25 meter yang disertai ikan. Hal ini disampaikannya usai menyampaikan sambutan lisannya saat membuka Panen Mina Padi di Ohoi Danar Lumefar Minggu, 28 Maret 2021.

“Tak disangka Kelompok Dasa Wisma Ohoi Danar Lumefar berhasil memanen Padi yang ditanam sejak dua bulan silam, kini dapat di panen dengan menghadirkan TP PKK Kabupaten Maluku Tenggara serta Kepala Dinas PMDPPA Kabupaten Maluku Tenggara Ibu Maryam Matdoan beserta staf jajarannya,” kata Viktor.

Lanjut dia, meski Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tenggara Eva Elia Hanubun tidak berkesempatan hadir dan diwakili Sekretaris TP PKK Ibu Fatma Talaoho/Teislatu serta rombongannya turut serta dalam kegiatan Panen Mina Padi tersebut di Ohoi Danar Lumefar.

“Sedianya lima lahan padi yang disiapkan Kelompok Dasa Wisma setempat, namun dua lahan tiba-tiba diserang hama mengkibatkan rusak. Sedangkan ikan piaraan pada satu lahan dapat diselamatkan dan yang satu ludes dari hama tersebut termasuk ikan piaraan itu,” ungkap Camat KKTS, Viktor Ohoira.

Viktor Ohoira sangat mengapresiasi Kelompok Dasa Wisma Ohoi Danar Lumefar atas kerja keras mereka secara bahu membahu melaksanakan pekerjaan tersebut sejak awal hingga pada panen di hari ini.

“Ini merupakan suatu kebanggaan bag saya dan akan menghimbau Desa/Ohoi yang lain di Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan ini agar juga ikut menanam padi disetiap kampung sebagai bagian dari usaha meningkatkan Ketahanan Pangan di Kecamatan KTTS,” imbuhnya.

Selaku Camat KKTS, Viktor sangat antusias melihat hasil yang diraih kelompok Dasa Wisma Ohoi Danar Lumefar, sehingga kelak akan mengikutsertakan Kelompok Dasa Wisma di Desa/Ohoi Tetangga untuk memanfaatkan halaman rumah dan pekarangannya untuk menanam padi dan tak butuh lagi ke hutan hanya memanfaatkan halaman rumah.

Baca Juga: Kadis PMDPPA Dampingi Sekretaris TP PKK Malra Panen Mina Padi

Baca Juga: Kadis PMDPPA Maluku Tenggara Sambut Pencanangan One Vilage One Inovation

“Dengan melihat hasil usaha Kelompok Dasa Wisma setempat sudah tersentuh hati para kaum Bapa Ohoi Danar Lumefar seperti Bapak Norbertus Ohoiwutun petani setempat yang mengatakan bahwa dibelakang rumahnya masih luas untuk menanam padi, sehingga direncanakan hari Senin 29 Maret 2021 sudah mulai membersihkan lahan pekarangannya untuk menanam padi,” ungka Viktor.

Lebih lanjut, Viktor menjelaskan bahwa Program Bupati Maluku Tenggara terhadap “OVOI“ merupakan perhatian besar baginya serta Para Kepala Ohoi di Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan dengan One Villages, One Inovation artinya Satu Desa/Ohoi satu Inovasi hal ini sudah dibuktikan Donatus Ohoiwutun Kepala Ohoi Danar Lumefar yang digalakan melalui Kelompok Dasa Wisma setempat.

“Kepala Ohoi Lumefar selalu memotivasi Kelompok Dasa Wisma terhadap pekerjaan tersebut dan memberikan suntikan anggaran melalui Dana Desa sebesar Rp.153 juta kepada semua Kelompok Dasa Wisma setempat,” sebut Viktor.

Mengakhiri Penjelasannya, Camat KKTS Viktor Ohoira mengatakan bahwa dirinya akan menggerakan semua Kepala Ohoi untuk dapat mendorong Kelompok Dasa Wisma terhadap OVOI baik menanam padi maupun komoditi lainnya.

“Hal ini harus digalakkan demi meningkatkan ketahanan pangan di kecamatan tercinta ini,” tutupnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications