• REGIONAL
  • Kadis PMDPPA Maluku Tenggara Sambut Pencanangan One Vilage One Inovation

Kadis PMDPPA Maluku Tenggara Sambut Pencanangan One Vilage One Inovation

WARTALIKA.id – Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun melakukan pencanangan “OVOI“ One Vilage One Inovation yang artinya Satu Ohoi Satu Inovasi kepada seluruh Desa/Ohoi se Kabupaten Maluku Tenggara, dan hal tersebut di sambut hangat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Maluku Tenggara Maryam Matdoan.

Maryam Matdoan bersama jajarannya turun langsung ke setiap Desa/Ohoi untuk melaksanakan sosialisasi tentang hal tersebut diatas baik di daratan Pulau Kei Kecil maupun di daratan Pulau Kei Besar.

Maryam Matdoan menjelaskan kepada WARTALIKA.id di Ohoi Danar Lumefar bahwa sesungguhnya program seperti ini merupakan tanggung jawab OPD teknis, namun sebagai Dinas PMDPPA merasa terpanggil untuk melaksanakan hal tersebut dengan menggunakan pendamping yang cukup profesional tentang pertanian khusus tata cara penanaman padi dengan menggunakan poliback.

“Saya merasa bangga karena lima desa/ohoi di Daratan Kei Kecil ini dapat mampu melakukan penanaman padi dengan menggunakan Poliback tersebut dan hasilnya seperti terlihat dihadapan kita ini,” ujar Maryam Matdoan dengan kebanggaannya. Minggu, 28 Maret 2021.

Dirinya mengatakan bahwa bangga kepada Para Ibu Kelompok Dasa Wisma Ohoi Danar Lumefar atas sikap partisipasi aktif dalam melaksanakan pekerjaan ini tanpa paksaan dan terlihat secara gotong royong, bahu membahu melaksanakannya tanpa pamrih.

Ibu Yam (panggilan akrabnya) menyampaikan juga bahwa bukan saja para Ibu yang bekerja akan tetapi Suami-suami pun hadir bersama Ibu Dasa Wisma untuk membantu mengerjakan pekerjaan tersebut.

Baca Juga: Kadis PMDPPA Dampingi Sekretaris TP PKK Malra Panen Mina Padi

“Akhirnya kebun Kelompok Dasa Wisma itu dijaga ketat oleh Kaum Bapak Desa/Ohoi Danar Lumefar, itulah yang disebut kerjasama dalam bergotong royong tanpa pamrih,” tambahnya.

Ibu Yam mengharapkan agar Desa/Ohoi lain dapat mencontoh Ohoi Danar Lumefar bersama Kelompok Dasa Wisma dalam kegiatan tersebut agar ketahanan pangan di Kabupaten Maluku Tenggara terjawab dengan sendirinya.

Sementara dua anggota Dasa Wisma, Maria Suarubun dan Maria Ohoira mengatakan bahwa selama pekerjaan ini berjalan tak pernah suami kami ada yang menghalangi akan tetapi hadir disini dengan memberikan dukungan positif yaitu bersama bekerja menyelesaikan pekerjaan yang tertinggal.

Akhir kata dari Maria Suarubun dan Maria Ohoira yaitu menyatakan apresiasi kepada Maryam Matdoan atas segala perhatiannya kepada Kelompok Dasa Wisma Ohoi Danar Lumefar.

“Ibu Maryam sejak awal jumpa hingga hari ini datang bersama kami melakuan panen Mina Padi ini, dan kami berjanji bukan saja sebatas hari ini akan tetapi tetap berkesinambungan,” tutupnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP