• MEGAPOLITAN
  • Bantu Pasokan Darah, Forum RT/RW se-Jakbar Gelar Donor Darah

Bantu Pasokan Darah, Forum RT/RW se-Jakbar Gelar Donor Darah

WARTALIKA.id – Forum RT/RW se-Jakarta Barat bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI menggelar bakti sosial donor darah pada Rabu (7/4/2021).

Kegiatan donor darah ini berlangsung di sekolah yayasan Al – Huda, Kelurahan Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat.

Ketua penyelenggara donor darah Casli Sutisna mengatakan kegiatan donor darah ini diadakan oleh forum RT/RW se-Jakarta Barat. Target pendonor hari ini adalah 300 pendonor, sedangkan jumlah pendonor sudah lebih dari 150 orang.

“Kami yakin target 300 pendonor akan tercapai. Namun dalam kegiatan ini ada yang juga ikut berpartisipasi diantaranya perusahan PT Mayora, Darma Jaya, PD Pasar Jaya, Bank DKI, dan turut hadir anggota DPR RI komisi XI Fraksi Gerindra H.Kamarussamad,” ujar Casli Sutisna yang juga selaku ketua forum RT/RW Jakarta Barat.

Ia juga menjelaskan, penerapan protokol kesehatan secara ketat yang diberlakukan yakni mengatur jarak bed yang digunakan warga saat mendonorkan darah, pengukuran suhu tubuh, wajib mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitaizer serta memakai masker bagi calon pendonor.

“Petugas PMI yang menggelar layanan donor darah juga diperiksa kondisi kesehatan secara rutin, sehingga dipastikan tidak terpapar Covid-19,” katanya.

Dikesempatan yang sama, Ketua RW 09 Kelurahan Kamal H.Ipung menjelaskan kegiatan donor darah yang diprakarsai Forum RT/RW se-Jakarta Barat ini untuk membantu ketersedian stok darah di PMI, terlebih dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

“Kegiatan donor darah ini merupakan kepedulian warga melalui forum RT/RW di Jakarta Barat, untuk merespon kekurangan stok darah PMI, sehingga dapat di gunakan oleh pasien di rumah sakit termasuk pasien Covid-19. Kegiatan seperti ini kalau bisa terus dilakukan 3 bulan sekali, dan kepada forum RT/RW tetap semangat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko mengapresiasi kegiatan bakti sosial donor darah oleh forum RT/RW yang dilaksanakan di sekolah Yayasan Al-Huda.

Menurutnya, aksi donor darah ini sangat penting untuk meningkatkan kepedulian sosial dan kemanusiaan terhadap masyarakat yang membutuhkan darah, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

“Kegiatan donor darah sangat bagus sekali apabila kegiatan ini dapat dilakukan bersama Forum – forum lainnya. Diharapkan juga bisa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, sehingga ketersediaan stok darah tetap aman,” tandasnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications