Majelis Hakim Gelar Sidang Lokasi Sengketa Lahan di Semanan

WARTIKA.id – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat menggelar sidang lokasi lanjutan sengketa lahan di kawasan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Jumat, (16/4/2021).

Sidang di atas lahan yang menjadi obyek perkara itu untuk mendapatkan keterangan yang valid antara ahli waris Nilam bin Idup selaku penggugat dengan tergugat PT Catur Marga Utama (CMI).

Saat sidang lokasi berlangsung PT.CMI selaku pengembang perumahan akan melanjutkan kegiatannya, antara lain persiapan pengurukan tanah.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya majelis hakim, panitera pengganti, dan kuasa hukum dari penggugat maupun tergugat.

Melihat fakta di lokasi itu, Madsanih kuasa hukum penggugat dan rekan memohon penilaian majelis hakim terhadap perkembangan di lahan sengketa ini.

“Saya mohon arahan yang mulia apakah diperkenankan lahan yang saat ini sedang bersengketa untuk dilakukan pengurukan tanah,” ujar Madsanih saat dilokasi sidang.

Menurut dia, pertanyaan ini terkait dengan Pasal 1866 KUHPerdata bahwa sidang lokasi bukan merupakan alat bukti, melainkan untuk meyakinkan hakim dalam mengambil keputusan terhadap objek yang disengketakan.

Sementara, Ketua Majelis Hakim menjawab tegas bahwa selama masih bersengketa, para pihak tidak bisa bertindak di atas lahan sengketa yang sedang dalam proses pengadilan. Di lahan sengketa ini para ahli waris Nilam bin Idup mengajukan gugatan perdata atas tanah waris seluas 5.286 meter persegi atau setengah hektare lebih.

Para ahli waris mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum yang melanggar hak penggugat di lahan di Semanan. Sedangkan para tergugat antara lain perusahaan pengembang PT Catur Marga Utama dan sejumlah instansi terkait.

Proses hukumnya sedang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Barat sejak November 2020 lalu dan terdaftar dengan nomor perkara 676/Pdt.G/2020/Pn.JKt Brt.

Selanjutnya agenda sidang lanjutan dijadwalkan pada Kamis, 29 April 2021 mendatang. Agendanya penyampaian bukti surta-surat dari pihak penggugat

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications