• REGIONAL
  • Sekdes Abean Kamear dan Imam Mesjid At Taqwa Apresiasi Kerukunan Beragama

Sekdes Abean Kamear dan Imam Mesjid At Taqwa Apresiasi Kerukunan Beragama

WARTALIKA.id – Hari ini tepat Kamis 13 Mei 2021 bagi Umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H namun juga bagi saudara saudaraku Umat Kristiani merayakan Hari Kenaikan Isa Almasih, sehingga dengan dua momentum ini dapat memberikan angin segar bagi kehidupan antar umat beragama di Abean Kamear. Demikian dikatakan Sekdes Abean Kamear, Faisal Toatubun setelah selesai melaksanakan sholat ied. Kamis (13/5/2021).

“Saya pribadi selaku Sekdes Abean Kamear merasa bangga dengan adanya kerukunan antar umat beragama ini. Juga dengan apa yang sudah ditinggalkan para Leluhur kala itu untuk menjadi warisan anak cucu disaat ini,” ucap Faisal Toatubun.

Dijelaskan Sekdes Abean Kamear, walaupun dengan maraknya pandemik Covid 19 namun pelaksanaan ibadah ramadhan tetap berjalan lancar dan sukses tanpa gangguan apapun, dengan selalu memperhatikan Protokol Kesehatan tanpa kecuali.

Mengatasnamakan Pemerintah Desa Abean Kamear,  Faisal Toatubun selaku Sekdes Abean Kamear juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H kepada seluruh Umat Muslim dimanapun berada khususnya Masyarakatku Ohoi Abean Kamear.

“Minal Aidin Walfaizin, Mohon Maaf Lahir Batin bagi saudaraku seiman, dan selamat hari Kenaikan Isa Almasih bagi saudaraku umat Kristiani,“ ucapnya.

Sementara ditempat yang sama Imam Mesjid At Taqwa Abean Kamear, Muhidin Lobubun juga mengapresiasi kerukunan antar umat beragama di Abean Kamear hal itu senada dengan Sekdes Abean Kamear.

“Kamis, 1 Syawal 1442 Hijriah merupakan momentum penting bagi Umat Muslim untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri yang juga hari kemenangan dalam menunaikan Ibadah Puasa,” katanya.

Muhidin Lobubun katakan bahwa Umat dan Jamaah Ohoi Abean Kamear dalam menunaikan Ibadah Puasa selama 30 hari hingga hari ini Kamis 13 Mei 2021 atau 1 Syawal 1442 H berjalan sukses, aman, nyaman hingga selesai termasuk pelaksanaan sholat eid hari ini tanpa gangguan apapun,

Ia juga berharap agar hidup dan kehidupan jamaah Muslim Ohoi Abean Kamear ini kiranya dapat dipertahankan hingga puasa di tahun 2022 nanti.

“Dan perlu kita tingkatkan untuk yang lebih baik lagi,” tegas Muhidin Lobubun.

Disamping itu Khatib Mesjid At-Taqwa Abean Kamear Hi. Srafudin Toatubun menjelaskan makna dan hakekat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H 2021 Masehi bahwa Lebaran tahun ini berada di tengah tengah Pandemi Covid 19.

“Namun semangat dan Iman Umat Muslim setempat tetap membara menunaikannya dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan agar dapatlah memutus rantai penyebaran Covid 19 di Ohoi Abean Kamear tercinta ini,” terang dia.

Menurutnya, keberadaan umat muslim Abean Kamear  ditengah tengah umat golongan Kristiani akan tetapi saling membangun kebersamaan dalam hal toleransi antar umat beragama yang penuh kekeluargaan tanpa perbedaan.

“Hal ini terus berjalan sejak leluhur ketiga Desa/Ohoi sehingga tetap terjalin kerukunan kehidupan baik keagamaan maupun kultural setempat,” tandasnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications