Ronal Sihotang Bicara: Jaga Toleransi Umat Beragama

Melalui pesan WhatsApp sedang viral dikabarkan jika ada puluhan warga keturunan Tionghoa yang menolak suara adzan berkumandang di kawasan perumahan Ilago Paramount Gading Serpong Kabupaten Tangerang.

Hal itu tentu saja membuat diri kita miris dengan masih adanya intoleransi dalam beragama di Indonesia saat ini.

Salah satu warga yang kebetulan melintas dijalan tersebut mengatakan kalau warga muslim masih berjaga jaga didepan area masjid Perumahan Ilago Paramount Gading Serpong tersebut.

“Kejadian saat ibadah Isya warga muslim saat adzan diteror dengan cara di gedor gerbang masjid dan menolak suara adzan oleh warga keturunan Tionghoa dekat claster ilago Gading Serpong,” kata salahsatu sumber kepada awak media, dari salahsatu rilis berita yang saya kutip pada Rabu (19/5/2021) kemarin.

“Barusan terjadi kerusuhan di Gading Serpong, akibat seorang warga keturunan cina merasa terganggu dengan suara adzan dan ada perlawanan dari warga pribumi namun sedikit karena sebagian daerah sudah kena gusur Summarecon”

Jelas saja hal itu akan memantik kemarahan umat muslim. Namun sebagai umat mayoritas di Indonesia, pesan saya adalah agar umat muslim tidak mudah terprovokasi akan kejadian tersebut.

Jadikan negara kita ini sejuk, aman dan nyaman. Gunakan jalur konstitusi jangan mudah terpancing dengan melawan balik baik cara fisik yang berujung pada kerusuhan.

Dikabarkan juga bahwa kemarahan umat muslim terhadap warga keturunan Tionghoa yang melakukan intimidasi terhadap pihak masjid dapat dicegah oleh aparat dan instansi lainnya.

Sadarlah kita bahwa di Indonesia terdapat 7 agama yang telah disahkan oleh pemerintah dimana ke 7 agama itu adalah ; Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu  dan aliran kepercayaan (agama asli Nusantara) yang telah diakui sesuai dengan Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia tertanggal 7 November 2017.

Untuk itu mari sama-sama kita bergandengan tangan untuk menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia karena isu agama merupakan hal yang sangat rentan.

Salam Damai
Oleh: Ronal Sihotang SH., MH
Politisi dan Pengacara Muda
Kunjungi kami juga di ronalsihotang.com

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications