• REGIONAL
  • Pj Kepala Ohoi Revav Percepat Proses Calon Kepala Ohoi Definitif Melalui Sosialisasi Regulasi

Pj Kepala Ohoi Revav Percepat Proses Calon Kepala Ohoi Definitif Melalui Sosialisasi Regulasi

WARTALIKA.id – Pj. Kepala Ohoi Revav Amandus Leisubun mengawali Proses Percepatan Kepala Ohoi Definitif melalui sosialisasi Perda 04 Tahun 2009 tentang Pencalonan Kepala Ohoi Definitif serta Peraturan Bupati Maluku Tenggara No. 56 tahun 2020 tentang Pengangkatan dan penunjukan Kepala Ohoi yang akan dilaksanakan di Balai Rakyat Ohoi Revav, besok Sabtu 22 Mei 2021.

Amandus Leisubun saat ditemui WARTALIKA.id di Balai Rakyat Ohoi Revav mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut sangat penting untuk diketahui serta dipahami oleh semua masyarakat Ohoi Revav agar dalam pelaksanaannya jangan terjadi silang pendapat, sehingga prosesnya akan berjalan lancar, aman terib dan terkendali.

“Akan hadir nanti narasumber yang berasal dari Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Maluku Tenggara, Camat Kei Kecil Timur, Raja Rumaat (Rat Songli), Tokoh Adat dan Tokoh Agama, Babinsa dan Polsek Kei Kecil Timur serta masyarakat Adat Ohoi Revav,” ungkapnya.

Rapat Sosialisasi tersebut bertemakan “it suman fo rew ne it huung fo rad“ yang mengandung arti bahwa Mas Rantai yang terputus kita sambung kembali sebagai satu buat Mas Rew yang utuh dan bermanfaat sebagai sebuah mas Adat, Rantai Sauh Kapal yang sudah terputus mari bersama menjalin kembali sebagai sebuah Rantai Sauh kapal yang baik untuk dapat menahan kapal saat berlabuh.

“Itulah makna dari falsafah tersebut diatas untuk menjadi pedoman bagi masyarakat adat setempat,” jelas Amandus Leisubun.

Amandus menambahkan pula bahwa Perangkat Ohoi bersama BSO tetap berada di Balai Rakyat hingga semua persiapan untuk pelaksanaan esok dinyatakan tuntas, semua persiapan harus tuntas karena kegiatan esok ini merupakan sebuah momentum penting bagi semua masyarakat Ohoi Revav.

“Bukan saja itu akan tetapi Rat Songli (Raja Rumat) juga hadir dalam kegiatan dimaksud terkait sejarah adat dan kearifan lokal setempat,” tambahnya.

Leiubun juga menghimbau agar masyarakat Ohoi Revav wajib mengikuti sosialisasi ini dengan seksama, karena regulasi tersebut akan dijadikan sebagai dasar pijak kita semua baik Marga Keturunan maupun Badan Saniri Ohoi (BSO) dalam rapat Pleno Penetapan Calon, sehingga kita semua harus mencermati dengan baik.

Amandus Leisubun berharap agar dengan pelaksanaan sosialisasi nanti akan memberikan kecerahan dalam pola pikir semua marga keturunan lurus dalam proses pencalonan nanti.

“Karena baik Marga keturunan maupun BSO setempat akan tetap mengacu kepada semua regulasi tentang pencalonan kepala Ohoi Definitif,” tutupnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications