• REGIONAL
  • Belanja Modal Dana Desa Ohoiseb untuk Rehab Paud dan 4 Buah MCK

Belanja Modal Dana Desa Ohoiseb untuk Rehab Paud dan 4 Buah MCK

WARTALIKA.id – Pj. Kepala Ohoi Ohoiseb Abdul Razak Let Let saat ditemui di kediamannya mengatakan jika sebanyak 40 persen Dana Desa (DD) tahun 2021 digunakan untuk merenovasi Gedung PAUD El Yal Mav Danar Ohoiseb sedangkan giat laksanakan pekerjaan rehabilitasinya serta belanja material 4 buah MCK untuk 4 keluarga penerima manfaat.

“Perbaikan gedung PAUD El Yal Mav Ohoiseb itu sangat penting, karena dijadikan sebagai tempat belajar dan bermain anak usia dini di Ohoiseb dalam jumlah yang cukup signifikan, sedangkan bantuan material 4 MCK itu diberikan kepada keluarga yang belum memiliki MCK sehingga perlu diberikan bantuan berupa bahan/material baik material lokal maupun non lokal walaupun masih berada pada masa Pandemi Covid 19,” kata pria yang akrab di sapa Jaka ini. Selasa 8 Juni 2021 pagi.

Sementara untuk pekerjaan rehabilitasi Gedung PAUD El Yal Mav kini sedang giat dikerjakan oleh kelompok kerja yang langsung dibentuk Pj. Kepala Ohoi Ohoiseb Abdul Razak Let Let pekan silam dan sesuai pengamatan WARTALIKA.id bahwa sampai hari ini Selasa 8 Juni 2021 sudah berada pada tahap pekerjaan atap serta lantai.

Menurut Jaka Let Let bahwa sebelum akhir Juni 2021 pekerjaan rehabilitasi gedung PAUD El Yal Mav Ohoiseb sudah harus rampung dan siap dimanfaatkan. Jaka merincikan bahwa biaya rehabilitasi gedung PAUD El Yal Mav sebesar Rp 30 juta sedangkan bantuan 4 buah MCK di 4 rumah warga  sebesar Rp. 6 juta.

“Item pekerjaan rehabilitasi gedung PAUD El Yal Mav terdiri dari pekerjaan rangka dan atap gedung, rangka plafon dan plafon kemudian pekerjaan pengecatan plafon. Sedangkan bantuan MCK Pemerintah Ohoiseb berkenan membantu material seperti 1 buah kloset, pipa penyaluran ke septic tank, besi 10.3 staf, batu bata/tela 300 buah dan semen 7 sack,” rinci Jaka.

Sementara pekerjaan MCK untuk 4 keluarga penerima manfaat menjadi tanggung jawabnya, dikarenakan tidak terdapat biaya/upah kerja dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut.

“Iya hal itu akibat nilai APBDes 2021 hanya sebesar Rp 6 juta untuk 4 MCK tersebut,” jelas Jaka prihatin.

Jaka menambahkan bahwa jika empat unit bantuan MCK ini terselesaikan pekerjaanya, maka MCK untuk Ohoi Ohoiseb sudah terpenuhi secara keseluruhan. Dan kemungkinan, kata dia ada jika terdapat pembangunan baru rumah hunian bagi keluarga pemula.

Jaka juga menyebut ada kegiatan lain yakni bantuan dana desa untuk kebun jahe sekira satu hektar dan saat ini pihaknya sudah mulai membersihkan lahan olahan, sedangkan pembibitan dalam tahap proses pengadaan.

Jaka sempat menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakatnya karena dirinya menjabat sebagai Pj. Kepala Ohoi Ohoiseb yang tersirat diatas pundaknya sebagai Oraangkai Ohoiseb, dimana program Raja Famuur Danar tentang penyelesaian selisih pendapat antara Masyarakat Adat Ohoi Elaar Lamagorang dengan Masyarakat Adat Ohoi Ngursoin yang juga melibatkan dirinya sebagai Pemangku Adat teringgi di Ohoiseb.

“Dan rencana Raja Famuur Danar tentang penyelesaiannya pada Hari Kamis 10 Juni 2021 sehingga banyak kegiatan harus dilaksanakan menjadi tertunda, untuk itu saya menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Ohoiseb semoga proses penyelesaian ini berjalan lancar, aman dan damai,” tutupnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP