• REGIONAL
  • Pekerjaan Pagar Besi Pengaman Bahu Jalan Tenbuk-Ohoilus Tanpa Papan Informasi

Pekerjaan Pagar Besi Pengaman Bahu Jalan Tenbuk-Ohoilus Tanpa Papan Informasi

WARTALIKA.id – Pelaksanaan pekerjaan infrastruktur yang didanai pemerintah baik APBN, APBD sampai kepada APBDes perlu ada direksi kit dan papan informasi kegiatan, hal ini sangatlah  penting agar masyarakat dapat mengetahui informasi tentang siapa pelaksananya, pagu anggarannya berapa, nilai kontrak, volume pekerjaan, konsultan perencana, konsultan pengawas, dan waktu pelaksanaan.

Para pihak terkait sudah memahami hal tersebut namun sering sengaja melupakan hal itu karena ketika lokasi proyek itu ada di Maluku Tenggara pasti orang tidak tahu.

Perlu diketehui karena Presiden RI Joko Widodo sudah mengatakan secara transparan agar semua kegiatan yang dibiayai oleh negara perlu peran serta masyarakat untuk ikut mengawasinya.

Pelaksanaan pekerjaan pagar besi pengaman bahu jalan ruas jalan antara Tenbuk dan Ohoilus sudah dikerjakan, namun tidak tahu nama kontraktor pelaksana, apalagi nilai kontrak dan lama waktu pelaksanaan pekerjaan apalagi mau melihat gambar detail pekerjaan tersebut.

Direksi Kit ada selain untuk menampung matrial pekerjaan juga terdapat gambar proyek, time schedule pekerjaan model kurva sehingga dapat diketahui awal memulai pekerjaan tersebut dari mana ke mana.

Jika kontraktor pelaksana seperti itu maka Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) segera mengeluarkan teguran dan atau biaya Direksi Kit juga Papan Informasi kegiatan hendaklah disetor kembali ke Negara dan atau Daerah. Dan atau Konsultan Perencana tidak mengakomodir biaya Direksi Kit dan Papan Informasi Kegiatan kedalam Biaya Persiapan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Untuk itu diharapkan kepada Bupati Maluku Tenggara agar segera memberi teguran kepada dinas terkait selaku penanggung jawab kegiatan kegiatan tersebut.

Sebagai masyarakat sangat mengharapkan transparansi dan kejujuran dalam mentaati semua regulasi yang berhubungan dengan pelaksanaan setiap kegiatan yang dibiayai oleh pemerintah di semua jenjang dan tingkatannya agar menghindari timbulnya penafsiran miring. Sesungguhnya setiap kontraktor pelaksana maupun direksi mengetahui hal seperti ini akan tetapi disengaja dan atau tidak memahaminya.

Pekerjaan pagar besi pengaman ini berlokasi di jalan umum dan bukan di tengah hutan belantara, perlu ada kehati-hatian jika pekerjaan yang lokasinya berada di hutan lebih memungkinkan terjadi seperti ini.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP