• REGIONAL
  • Bakal Calon Kepala Ohoi Langgur Definitif Serahkan Berkas ke BSO

Bakal Calon Kepala Ohoi Langgur Definitif Serahkan Berkas ke BSO

WARTALIKA.id – Setelah melewati tahapan awal terhadap Proses Percepatan Pencalonan Kepala Ohoi Langgur Definitif yang diawali dengan surat Pj. Kepala Ohoi Langgur Nomor 005/19/PU.L/V/2021 tertanggal 10 Mei 2021 terkait Proses Percepatan Kepala Ohoi Definitif kepada Badan Saniri Ohoi (BSO) Langgur dan kemudian ditindaklanjuti dengan Surat BSO Langgur No.04.001/BSO-LYM/V/2021 tertanggal 10 Mei 2021 tentang pelaksanaan Madivun Riin Kot (Marga Keturunan Lurus).

Kemudian dilanjutkan dengan Surat ke Sesepuh Riin Kot  No  04.002/BSO-LYM/V/ 2021 berperihal Usulan Calon Kepala Ohoi Definitif Ohoi Langgur, dimana hasilnya disampaikan kepada Badan Saniri Ohoi (BSO) Langgur. Akhirnya hasil dari proses tersebut dapat disampaikan kepada Ketua dan Anggota BSO Ohoi Langgur pada Kamis 10 Juni 2021 bertempat di Balai Ohoi Langgur disaksikan Pj. Kepala Ohoi dan Perangkatnya.

Ketua Badan Saniri Ohoi (BSO) Ohoi Langgur Yulianus W.W. Narwadan menjelaskan bahwa pihaknya sudah melewati tahapan sebagaimana disebutkan diatas dan pada Kamis 10 Juni 2021 hasil Madivun Riin Kot sebagaimana Peraturan Daerah Maluku Tenggara No 04 Tahun 2009 serta Peraturan Bupati Maluku Tenggara No 56 Tahun 2020 tentang Pencalonan dan Penunjukan Kepala Ohoi Definitif sudah dilaksanakan.

“Dan telah menghasilkan Keputusan Madivun Riin Kot/Sesepuh Riin Kot yang sudah diserahkan oleh Bakal Calon bersama Keluarga kepada Ketua dan Anggota Badan Saniri Ohoi (BSO) bertempat di Balai Desa Langgur di saksikan Pj. Kepala Ohoi Langgur bersama Perangkat Ohoi,” jelas Ketua BSO dalam konferensi Pers usai menerima berkas dari bakal calon.

Ia menambahkan bahwa dalam waktu dekat ini BSO akan segera melaksanakan verifikasi terhadap berkas bakal calon untuk mendapatkan hasil kelengkapan berkas tersebut baik 10 syarat umum dan 5 syarat khusus.

“Jika berkas bakal calon tersebut memenuhi unsur syarat masuk maka akan di gelar Rapat Pleno Badan Saniri Ohoi (BSO) tentang Penetapan Bakal Calon menjadi Calon,” ungkap Narwadan.

Menurutnya bahwa selesai digelarnya Pleno Penetapan Bakal Calon menjadi Calon maka pihaknya bersama Pemerinah Ohoi, Badan Saniri Adat, dan Keluarga bersama Calon Kepala Ohoi Definitif mengusung Berkas Calon kepada Rat Yab Faan untuk meneliti Berkas Calon.

“Jika semua memenuhi syarat masuk calon maka dimohon kesediaan Rat Faan untuk menerbitkan Rekomendasi Calon Kepala Ohoi Definitif Ohoi Langgur masa bakti 2021-2027,” jelas Narwadan.

Masih kata Narwadan bahwa pihaknya dalam melaksanakan tugas tidak akan adanya keberpihakan maupun perbedaan apapun, karena Peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Nomor 04 Tahun 2009 tentang Tata Cara Pencalonan Kepala Ohoi serta Peraturan Bupati Maluku Tenggara Nomor 56 Tahun 2020 tentang Pengangkatan dan Penunjukan Kepala Ohoi yang dijadikan sebagai instrumen mendasar dalam proses tersebut serta adat istiadat, kearifan lokal budaya Kei yang ditinggal Para Leluhur sebagai warisan anak cucu hingga saat ini.

Bukan saja itu, dirinya juga menyatakan sikap objektifnya dalam proses verifikasi berkas tanpa keberpihakan apapun dan jika berkas tersebut bertentangan dengan Regulasi Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara pasti BSO Langgur menolaknya.

“Ketika berkas tersebut masih terdapat kekurangan akan dikembalikan untuk dilengkapi dengan tenggang waktu yang telah ditentukan,” sebut Narwadan.

Ketua Badan Saniri Ohoi (BSO) Yulianus W.W, Narwadan berharap agar proses ini dapat berjalan lancar, aman, damai dan nyaman demi kebutuhan Masyarakat Langgur kedepan.

“Harapannya proses tersebut berjalan lancar, aman dan damai. Karena ini semua tak lain demi kepentingan ohoi dan masyarakatnya,” tutupnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications