• REGIONAL
  • Camat Kei Kecil Timur Gerakan Kepala Ohoi Bergotong Royong di Mesjid Ohoi Rat

Camat Kei Kecil Timur Gerakan Kepala Ohoi Bergotong Royong di Mesjid Ohoi Rat

WARTALIKA.id – Camat Kei Kecil Timur Abas A. Renwarin menggerakan para Kepala Ohoi untuk bergotong royong membersihkan pelataran Mesjid Ohoi Rat Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara pada Sabtu 12 Juni 2021.

Kepada WARTALIKA.id Renwarin mengatakan bahwasanya kegiatan gotong royong (Maren Bahasa Kei-red) merupakan bagian dari budaya dan kearifan lokal masyarakat adat suku Kei sejak dahulu kala yang ditinggalkan sang leluhur sebagai warisan anak cucu.

“Maren atau gotong royong bagi masyarakat Kei sudah tidak asing lagi, karena sejak leluhur Maren sudah dikenal dan merupakan bagian dari tradisi dan kearifan lokal budaya Kei, masyarakat Kei sudah tidak asing lagi dengan kerja gotong royong atau Maren,” kata Renwarin.

Para Kepala Ohoi datang bersama perangkat dan juga masyarakat untuk membantu melaksanakan pekerjaan pembersihan pelataran mesjid tersebut selama sehari penuh, kegiatan spontanitas ini menunjukan bahwa tingkat partisipasi yang dilaksanakan tanpa ada perbedaan walaupun ada yang beragama Katolik namun hal ini tidak menjadi hambatan atas kehadirannya dan bekerja dengan hati yang sungguh, karena ada yang hadir dengan mobil, mesin potong rumput serta peralatan lainnya.

“Inilah kebhinekaan kami di Kei, berbeda agama tapi tetap dalam satu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tercinta,” imbuhnya.

Pj. Kepala Ohoi Rat M. Lasinra Ohoitenan pun mensyukuri kehadiran Camat bersama para Kepala Ohoi se-Kecamatan ini dalam kegiatan gotong royong sebagai bentuk kepedulian dalam membantu membersihkan halaman/pelataran Mesjid Ohoi Rat tersebut.

“Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan bagian dari tata kehidupan Ain Ni Ain, Ain Ni Rawai Ain dalam bingkai Ain Ni Sus Besa Did Sus yang selalu dilaksanakan Masyarakat Adat Kei sejak Leluhur,” jelasnya.

Masih kata Ohoitenan bahwa keberhasilan kegiatan disaat ini bukanlah merupakan target capaian dirinya tapi kebersamaan dalam meningkatkan kerukunan serta toleransi antar umat beragama menjadi target capaian.

“Karena membangun kebersamaan seperti ini sungguh sangat sulit terbina. Bahwa kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan dan dilestarikan dalam tata budaya kehidupan masyarakat Adat Kei tanpa perbedaan agama, golongan dan Ras. Akhir kata sebagai Pj. Kepala Ohoi Rat serta Masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih atas kebersamaan kita, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memberkahi dan meridho kita sekalian,” tutupnya.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications