• REGIONAL
  • Tanam Raya Jahe Merah dan Putih di Kebun Umum Ohoiseb

Tanam Raya Jahe Merah dan Putih di Kebun Umum Ohoiseb

WARTALIKA.id – Setiap Desa atau Ohoi wajib memiliki satu Inovasi sehingga Pemerintah Ohoiseb melalui Pj. Kepala Ohoi dan Badan Saniri Ohoi (BSO) telah menyatukan pikiran dan persepsinya menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Ohoi Ohoiseb (APBOhoi) Tahap I Tahun Anggaran 2021 bidang pemberdayaan tentang Penanaman Jahe Merah dan Putih.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Anak (PMDPPA) Kabupaten Maluku Tenggara, Maryam Matdoan saat membuka kegiatan tersebut bertempat di lahan kebun umum di Ohoiseb Selasa, 10 Agustus 2021.

Maryam Matdoan menjelaskan bahwa Perintah Bupati Maluku Tenggara M. Taher Hanubun agar setiap Ohoi satu inovasi dan 11 Ohoi di Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan sudah memiliki inovasi walaupun berbeda karena ada yang menanam Jahe, ada yang menanam Cabe, ada yang menanam sayur sayuran dan lain lain.

“Sehingga jangan lagi pihak-pihak tertentu mengatakan bahwa Dinas PMDPPA mencampuri urusan pertanian, perikanan dan pariwisata. Perlu diketahui bahwa kegiatan pemberdayaan di setiap ohoi itu dikarenakan ada Dana Desa dan Dinas PMDPPA tetap bersinergi dengan SKPD terkait terhadap pemberdayaan Desa/Ohoi dalam tata kelola keuangan Desa/Ohoi dan ada regulasi yang mengatur tentang kegiatan tersebut,” jelas Maryam Matdoan.

Ditempat yang sama Fiktor Ohoira Camat Kei Kecil Timur Selatan juga mengatakan bahwa maksud dan tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan juga mengamanatkan tentang pembangunan berbasis pemberdayaan khususnya dana desa perlu dilakukan diberbagai bidang sehingga Bupati M. Taher Hanubun menegaskan agar Satu Ohoi Satu Inovasi (One Village One Inovation).

“Agar Dana Desa itu jangan semata mata hanya membiayai infrastruktur desa akan tetapi kiranya membelanjakan kegiatan berbasis pemberdayaan baik bidang pertanian, bidang kelautan dan perikanan maupun pariwisata serta bidang lain yang dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat setempat,” kata Ohoira.

“Jika ada pemahaman lain bahwa Dinas PMDPPA Malra mencampuri dan atau mengurus pertanian itu hal yang sangat keliru dan diharapkan untuk selalu membaca berbagai regulasi mulai dari tingkat pusat hingga ke kabupaten kota baru sungguh dapat memahaminya dengan baik,” tambah Ohoira.

Fiktor Ohoira Camat KKTS sempat juga menyampaikan apresiasinya kepada Pj. Kepala Ohoi Ohoiseb karena sangat cepat melakukan pengadaan benih Jahe Merah dan Putih sekaligus melakukan persemaian benih tersebut.

“Dan hari inipun kita semua yang hadir disini dapat menyaksikan kegiatan tanam raya tersebut,” ungkap Camat Ohoira.

Bahwa hari ini juga Kadis PMDPPA, Sekdin Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama dirinya selaku Camat KKTS hadir di tempat ini mengikuti kegiatan Tanam Raya Jahe Merah dan Putih yang menunjukkan sinergitas membangun pemberdayaan masyarakat Ohoiseb dalam kegiatan Tanam Raya Jahe Merah dan Putih ini.

Abdul Razak Let let dalam sambutan pendeknya mengharapkan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Maluku Tenggara agar dapatlah memberikan dukungan dan bantuannya antara lain para penyuluh untuk hadir bersama pihaknya dalam hal pemeliharaan dan perawatan terhadap tanaman Jahe tersebut.

“Juga serta dukungan irigasi karena lahan kebun tersebut memerlukan air untuk penyiramannya,” pinta Abdul Razak Let Let.

Kesempatan itu juga A. Rahman Madubun Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Malra mewakili Kepala Dinas karena berhalangan hadir mengatakan bahwa usul saran tersebut akan disampaikan kepada Kepala Dinas setelah tiba kembali di tempat tugasnya.

Madubun menambahkan bahwa jika petani sudah mulai bergerak seperti ini pasti pihaknya selaku instansi teknis tetap memberikan dukungan.

“Jangan lalu bangun irigasi yang nanti diselimuti dengan rerumputan dan terkesan mubasir,” tegasnya.

Pihaknya juga berharap agar petani harus lebih awal bergerak dengan baik, maka pihaknya tetap mendukung. “Jangan sampai kita bangun jalan usaha tani akan manfaatnya digunakan untuk jalan masuk untuk ambil kayu bakar”.

Ditempat yang sama Martam Let Let salah satu Tokoh Perempuan Ohoiseb menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pj. Kepala Ohoi Ohoiseb Abdul Razak Let Let atas prakarsanya bersama Badan Saniri Ohoi (BSO) Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dalam perencanaannya, sampai kepada pelaksanaan penanaman di hari ini.

“Semoga suatu saat dapat memberikan hasil yang baik bagi masyarakat Ohoiseb,” ucapnya singkat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis PMDPPA bersama Sekretaris Dinas dan Staf, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Malra, Camat KTTS dan Staf, Pj. Kepala Ohoiseb dan Staf, Ketua dan Anggota BSO, Ketua dan anggota Pemuda Tokoh Agama, Tokoh Perempuan serta Masyarakat dalam jumlah yang sangat terbatas dan jumlah keseluruhan yang mengikuti kegiatan tersebut kurang lebih 15 orang.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications