• POLRI
  • Muhammad Kece Bukan Ahli Agama dan Duta Pancasila

Muhammad Kece Bukan Ahli Agama dan Duta Pancasila

WARTALIKA.id – Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan menuturkan data tersebut terhitung per Rabu, 25 Agustus 2021. “Total penanganan konten M. Kece oleh Kominfo update 25 Agustus 2021sudah take down 42,” kata Ramadhan dalam keterangannya, Jakarta, Kamis(26/8/2021).

Saat ini kata dia, masih ada 38 video yang masih dalam proses penanganan untuk dilakukan pemutusan akses tersebut. “Dalam proses penanganan 38,” ucapnya.

Kombes Ahmad Ramadhan memastikan tersangka penista agama Muhammad Kece bukanlah ahli atau tokoh agama maupun santri. Tersangka Muhammad Kece adalah youtuber yang berpindah keyakinan kemudian mempelajari agama barunya secara otodidak.

“Latar belakang yang bersangkutan sekarang di YouTubers saja, yang bersangkutan bukan merupakan ahli agama, tokoh agama bukan, tidak (santri juga tidak),” tegasnya.

“Dia hanya seseorang yang awalnya adalah pemeluk atau menganut agama Islam kemudian berpindah, kemudian dia mempelajari ya secara otodidak ya, bukan belajar di santri sebagai santri atau apa.”

“Dari belajar otodidak itu, lanjut Ahmad Ramadhan, tersangka penista agama Muhammad Kece kemudian membuat postingan melalui platform media YouTube.
Ahmad mengungkapkan produksi postingan tersangka penista agama Muhammad Kece di Youtube mencapai ratusan”.

Kurang lebih yang telah beredar itu ratusan ya dan sudah di take down 42 dan dalam proses 38. Jadi kita membuat laporan melakukan penyelidikan bahkan meningkat penyidikan Atas dasarnya adalah beberapa laporan polisi yang telah dilakukan dilaporkan,” jelas Ahmad Ramadhan.

“Di antaranya adalah yang dilaporkan ke Bareskrim LP nomor 500, video terakhir dia yang diposting pada tanggal 20 Agustus 2021, selanjutnya 21 Agustus 2021, pihaknya bergerak cepat melakukan tracing keberadaan Muhammad Kece. Dan pihaknya juga mengantongi sejumlah keterangan dari ahli pidana, ahli agama untuk memperkuat dasar penangkapan Muhammad Kece,” ungkap Ahmad Ramadhan.

Kementrian Informasi dan Informasi terus melakukan pemutusan akses atau take down terhadap video kontrovesial di kanal YouTube Muhammad Kece. Terbaru sudah 42 video yang di putus akses.

Bukan Duta Pancasila

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Utama BPIP Dr Karjono, menyatakan bahwa Muhammad Kece bukan Duta Pancasila BPIP.

Karjono menambahkan, konten Muhammad Kece di akun Youtube miliknya tak selaras dengan narasi kebangsaan yang tengah dibangun oleh BPIP untuk mewujudkan solidaritas, gotong-royong, serta menjaga persatuan dan kesatuan.

terkait kutipan yang menyatakan bahwa Muhammad Kece adalah Duta Pancasila, BPIP menegaskan hal tersebut sebagai hoaks. Sebagai informasi, Muhammad Kece tidak pernah terlibat dalam berbagai program yang diselenggarakan oleh BPIP.

Adapun program Duta Pancasila dilaksanakan BPIP berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Program tersebut dimulai pada 2021 dan diperuntukkan bagi anggota Paskibraka,” tutur Karjono.

IKUTI KAMI

WARTALIKA TV

MOTIVASI HIDUP

Wartalika.id Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications