WARTALIKA.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi 200 perwira menengah dan tinggi di institusi Polri pada Selasa (24/1/2022).

Tercatat dalam tiga surat telegram dengan Nomor: ST/164/I/KEP./2022; ST/165/I/KEP./2022; dan ST/166/I/KEP.2022 dan ditandatangani langsung oleh Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Wahyu Widada.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan rotasi jabatan tersebut. Ini merupakan langkah Polri untuk meningkatkan kinerja organisasi.

“Iya, karena mutasi merupakan hal alamiah dalam rangka binkar, tour of duty dan area dalam rangka meningkatkan kinerja institusi Polri,” kata Dedi dalam keterangannya, Selasa (25/1/2022) malam.

”SPACEIKLAN”

Dalam surat telegram tersebut, Sigit menunjuk Brigjen Pol Antony Maruli Tua Siahaan sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Jabatan sebelumnya yang diisi Antony  selaku Direktur Politik Baintelkam Polri akan digantikan oleh Direktur Intelkam Polda Jatim, Kombes Pol Yuda Gustawan.

Kemudian untuk posisi Yuda akan diisi oleh Kombes Pol Dekananto Eko Purwono yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Kehidupan Bernegara Ditsosbud Baintelkam Polri.

Sigit juga menugaskan Irjen Sukma Edi Mulyono ke Dewan Ketahanan Nasional (Watannas). Ia akan dimutasikan sebagai Pati SSDM Polri jelang masa pensiun.

Tak hanya itu, Kapolda Kalimantan Utara yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Bambang Kristiyono kemudian digantikan oleh Irjen Pol Danel Adityajaya. Irjen Bambang Kristiyono akan dimutasikan menjadi Pati Baharkam Polri dalam rangka memasuki pensiun.

Mantan Kapolda Banten itu juga turut merotasi sejumlah Kapolres dan perwira dengan pangkat AKBP di seluruh Indonesia.