WARTALIKA.id –  Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2023 telah resmi dibuka oleh Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat pada Rabu (02/02/22).

Bertempat di Balai Pertemuan Kantor Bupati dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Sawaluddin F. Tanjung, mengatakan bahwa tujuan dari forum konsultasi publik adalah untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Sementara Bupati Anwar Sadat dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan forum konsultasi publik RKPD ini adalah salah satu tahapan untuk merumuskan rencana pembangunan tahunan dengan pendekatan partisipatif, yaitu dengan melibatkan seluruh Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan pembangunan dari berbagai unsur Pemerintah dan masyarakat.

“Oleh karena itu, pertemuan tatap muka dengan seluruh pemangku kepentingan pembangunan dalam forum ini sangat penting artinya bagi masa depan pembangunan kabupaten tanjung jabung barat, menuju tanjung jabung barat berkah,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut, dalam kesempatan ini Bupati juga mengajak para pemangku kepentingan dari Kabupaten-kabupaten yang berbatasan lansung dengan Tanjab Barat untuk bersama-sama membangun dan mendorong daerah perbatasan terutama dari sisi konektivitasnya, untuk pembangunan daerah perbatasan yang menjadi kewenangan provinsi ataupun pemerintah pusat.

“Bercermin pada kondisi capaian pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat hingga saat ini terlihat masih banyak permasalahan-permasalahan pembangunan yang masih di hadapi, yaitu jumlah tingkat kemiskinan masih diatas angka 10% (10,26%), tingkat pengangguran terbuka 2,16%, kualitas sumber daya manusia yang tidak meningkat dari tahun sebelumnya yang ditunjukan dengan indikator indeks pembangunan manusia (IPM),” ujarnya