WARTALIKA.id – Hadir sebagai narasumber Webinar Ngobrol Bareng Legislator yang bertajuk “Keamanan Siber : Berdigital Dengan Aman”, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, H. Bambang Kristiono. S.E memaparkan bahwa ancaman kejahatan siber, adalah sebuah tantangan utama bagi para pengguna ruang digital, baik itu masyarakat ataupun pemerintah sekalipun.

Perkembangan tren digitalisasi yang sangat pesat di Indonesia, telah mendorong terjadinya percepatan transformasi digital di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya aktivitas masyarakat yang kini bergeser ke ranah dunia maya. Hampir seluruh kegiatan, mulai dari berkomunikasi, bertukar data, bekerja, berjualan, belajar, dan lain sebagainya, dilakukan serba-online.

Namun jangan lengah, selain menawarkan segudang kemudahan dan keuntungan, di sisi lain teknologi digital juga dapat menghadirkan sisi negatif pada saat yang bersamaan, yakni ancaman kejahatan siber.

Pria yang akrab disapa HBK itu menyebutkan ancaman siber ini berpotensi akan menyebabkan masalah yang serius terhadap jaringan ataupun sistem komputer.

”SPACEIKLAN”

“Di mana semua orang bisa terkena dampaknya. Dalam ranah negara misalnya, semua komponen yang terkomputerisasi adalah bagian yang penting bagi pemerintah sehingga bisa menjadi target dari serangan siber. Dan bisa menyebabkan kerugian ekonomi yang cukup signifikan. Belum lagi kerugian yang lainnya,” terang HBK, Sabtu (16/4/2022) dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator tersebut.

Wakil rakyat asal Partai Gerindra itu melanjutkan, untuk para pengusaha, pencurian data intelektual serta pelanggaran keamanan data menjadi ancaman umum yang perlu diatasi.

“Oleh karena itu, dalam ranah individu perlu disadari adanya kebocoran data serta virus yang berbahaya,” imbuhnya.

Menurut data yang ia peroleh, Indonesia menjadi salah satu negara yang telah mengalami kejahatan siber cukup banyak.

“Berdasarkan data yang dimiliki BSSN pada tahun 2021 mencatat setidaknya hampir satu miliar kali telah terjadi serangan siber di negara kita Indonesia. Adapun serangan siber yang sering terjadi itu di bulan Mei 2021. Malware menjadi grafik tertinggi,” paparnya.