WARTALIKA.id – Setiap tahun Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bersama Kementerian terkait dan Lembaga serta para aktifis anak tanpa lelah selalu mengingatkan faktor keselamatan mudik dengan mengkampanyekan Mudik Ramah Anak dan Disabilitas.

“Dimana di dalamnya sangat mengajurkan untuk tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor. Karena resiko yang sangat tinggi di perjalanan,” pesan Kadivwasmonev KPAI, Jasra Putra dalam keterangannya kepada WARTALIKA.id, Minggu (24/4/2022).

Untuk itu KPAI berharap penyelenggaraan mudik tahun ini semakin baik dan semakin ramah untuk anak-anak yang dilibatkan mudik bersama orang tuanya.

“Pemerintah juga telah menyiapkan alternatif dalam rangka mengantisipasi pemudik motor setiap tahun, dengan menyiasati melalui kapal penyeberangan, sehingga memperpendek waktu dan jarak tempuh dalam penggunaan sepeda motor,” ujar Jasra.

”SPACEIKLAN”

Dikatakan juga, begitupun penyekatan di titik tertentu, yang memberi anjuran pemudik motor beralih ke bus. Namun dengan prediksi peningkatan pemudik, tetap saja kemungkinan pemudik motor akan banyak.

“Kita mendorong agar masyarakat, perusahaan, fasilitas ibadah dan fasilitas publik membuka diri untuk membantu para pemudik motor, memberi perhatian bagi para pemudik motor yang akan istirahat, karena keterbatasan rest area yang ada,” katanya.

Jasra juga berharap dengan menyediakan kebutuhan mereka, agar dapat melanjutkan perjalanan secara baik.