Sarana Media Sosial, Bambang Kristiono: Ruang Digital Menjadi Senjata Rahasia Melebarkan Sayap Usaha
WARTALIKA.id – Wakil Ketua Komisi I DPR RI, H. Bambang Kristiono, menilai sarana media sosial bisa menjadi lahan pemanfaatan untuk meningkatkan UMKM di masa pandemi. Bahkan jika dimanfaatkan dengan tepat, ruang digital seperti halnya media sosial dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi penggunanya.
Era digital yang kini mengalami perkembangan begitu pesat, telah memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat. Beragam manfaat dengan mudah dapat diraih, jika memang digunakan dengan baik oleh penggunanya.
Bambang Kristiono, memaparkan bahwa ruang digital, kini telah menjadi senjata rahasia bagi banyak orang untuk melebarkan sayap usahanya di masa serba sulit atau pandemi ini.
“Hal ini tentunya sangat berdampak besar dan luas terhadap krisis kesehatan dan juga terhadap ekonomi global. Tentu saja dampak besar ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga negara-negara lainnya telah melalukan berbagai kerjasama untuk meminimalisir penyebaran covid 19,” ujar Bambang Kristiono dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan UMKM di Masa Pandemi” yang berlangsung pada Jumat (3/5/2022).
Keberadaan ruang digital ini, kata Bambang Kristiono, menjadi angin segar bagi para pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya, terlebih selama masa pandemi.
“Berjualan melalui media sosial atau dikenal dengan sebutan E-Commerce memang pada awalnya sulit dan tidak pasti dari pada berjualan secara langsung. Namun apabila dilakukan secara maksimal dapat memperoleh keuntungan yang maksimal juga, bahkan melebihi jika kita berjualan offline,” terang Bambang Kristiono.
Dengan menggunakan media sosial, para pengguna dapat menjangkau lebih banyak orang yang tidak terbatas oleh jarak maupun waktu.
“Di mana kita tinggal klik di handphone kita, dan barang akan sampai di depan rumah kita. Penjualan melalui platform digital yang digunakan secara tepat akan membantu kita dalam mempromosikan barang yang akan kita jual. Karena dengan aplikasi ini kita akan mencapai pasar baru, yang sebelumnya terdapat batasan, namun sekarang tidak ada batasan,” imbuhnya.
Sementara itu, Chief of Consultan Cyrus Network, Hafizul Mizan memaparkan, sosial media merupakan salah satu bagian dari digitalisasi UMKM.
“Karena banyak hal lain yang bisa dilakukan dalam digitalisasi UMKM. UMKM merupakan pahlawan dan tulang punggung terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” jelasnya.