Jangan Bingung, Ini 7 Cara Mencukupi Kebutuhan Gizi Anak

WARTALIKA.id – Orang tua perlu tahu cara mencukupi asupan gizi anak sesuai dengan usianya. Kebutuhan gizi anak berbeda-beda mengikuti umur dan perkembangan anak. Susu untuk anak balita tentu berbeda dengan batita, begitu pula untuk anak yang usianya di atas balita. Oleh karena itu, sangat penting, orang tua atau calon orang tua untuk membesarkan anaknya dengan pengetahuan gizi yang mumpuni.

7 Cara Efektif Memenuhi Kebutuhan Gizi Anak

Kebutuhan nutrisi sang buah hati sangat dipengaruhi dengan makanan dan minumannya. Apa yang orang tua pilih sebagai cemilan juga akan menjadi bagian dari tambahan gizi yang anak peroleh dalam satu hari. Anak tidak selalu menyukai makanannya dan bahkan kadang sulit untuk menghabiskannya. Berikut adalah beberapa cara mencukupi asupan gizi anak yang bisa orang tua lakukan dirumah.

1. Buat Jadwal Makan

Pemenuhan nutrisi dan gizi anak dimulai dengan pembiasaan dari orang tuanya. Anda perlu menerapkan rutinitas yang termasuk makan pagi, siang, malam dan bahkan kapan anak mendapatkan cemilan. Si kecil jadi terbiasa untuk sarapan dan bahkan menyukainya.

”SPACEIKLAN”

Sesuatu yang dilakukan secara terus-menerus tentu bisa jadi kebiasaan yang sulit untuk dirubah. Ini adalah cara efektif untuk memenuhi kebutuhan gizi anak 4 tahun dan membuatnya mengikuti kebiasaan orang tuanya. Jadi, bukan kebalikannya.

2. Menu Sehat

Apakah makanan yang Anda berikan untuk anak usia balita? Apa hanya asi saja? Demi kepraktisan, banyak ibu muda yang memberikan makanan instan bagi sang buah hati karena mudah diberikan. Tapi sebenarnya, makanan sehat tidak sulit dibuat. Kalau disiapkan menu sehat bisa sama praktisnya dengan makanan kemasan dan bahkan lebih sehat.

Cara untuk mencukupi kebutuhan gizi anak adalah membiasakannya dengan menu sehat. Anak akan suka sayuran dan buah-buahan karena memang dibiasakan sejak kecil. Bagaimana kalau memakai sayur brokoli alih-alih memberikannya kue kering yang banyak dijual di supermarket. Pilihan Anda ini akan berpengaruh besar dalam pilihan makanan anak, bahkan sampai dewasa nanti.

3. Makan dalam Porsi Kecil

Tahukah Anda kalau gizi seimbang pada balita bukan berarti makan yang banyak? porsi kecil adalah cara paling efektif untuk  mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Anak akan lebih semangat makan karena melihat porsi makanan yang tidak terlalu banyak.

Anak dalam usia pertumbuhan akan mengalami berbagai perubahan seperti tumbuh gigi atau bertambah tinggi. Kondisi tersebut kerap menimbulkan anak tidak nafsu makan. Jadi, buat porsi kecil yang mencukupi kebutuhan gizi dan bisa membuat anak tertarik untuk menghabiskannya.

4. Libatkan Anak Dalam Memilih Makanan

Membuat anak semangat makan, apapun menu yang dibuatkan juga bergantung dengan preferensinya. Salah satu kiat untuk membuat anak menyukai makanan adalah melibatkannya dalam pemilihan menu. Berikan ruang untuk memberikan masukkan tapi tidak selalu mengikuti apa yang ingin anak makan.

Dengan demikian, dalam satu keluarga bisa menyantap makanan yang sama walaupun mungkin berbeda, karena sudah disesuaikan dengan usia anak dan orang tua. Usia balita tentu belum memiliki cukup gigi untuk mengunyah makanan dengan tekstur keras. Lakukan hal ini bila Anda tidak kerepotan dalam menyiapkannya.

5. Pastikan Anak Menghabiskan Makanan

Sangat penting untuk perhitungan kebutuhan gizi anak untuk makanan sehari-harinya. Dengan demikian, Anda bisa memperhitungkan porsi yang bisa Anak habiskan. Biasakan juga bagi Anak untuk mengambil makanan secukupnya agar makanan tidak terbuang sia – sia karena sang buah hati tidak bisa menghabiskan makanan yang ada di piringnya.