WARTALIKA.id – Dalam rangka pelaksanaan Operasi Kepolisian Aman Nusa II Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) tahun 2022 di wilayah hukum Polda Kalbar, Satuan Tugas Penyakit Mulut dan Kuku ( Satgas PMK ) Operasi Aman Nusa II Polda Kalbar menyambangi kandang ternak warga di Jalan Karya Kita Gang Karya III Kelurahan Bansir Darat Kecamatan Pontianak Tenggara, Kalimatan Barat, Sabtu(13/08/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan himbauan dan edukasi tentang PMK dan penyemprotan disinfektan terhadap kandang ternak warga. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap wabah PMK, mengingat wabah yang telah menyebar ke berbagai daerah sehingga perlu diantisipasi secepat mungkin. Selain itu upaya tersebut dilakukan untuk memulihkan ekonomi masyarakat penggiat peternakan, hal ini berkaitan mendukung program pemerintah pemulihan ekonomi nasional.

Sasaran yang menjadi target pengecekan, penyemprotan dan penyuluhan pada hari ini adalah kandang sapi milik bapak Mukri di Jalan Karya Kita Gang Karya III Kelurahan Bansir Darat Kecamatan Pontianak Tenggara yang berjumlah 1 ekor dimana hewan tersebut dalam keadaan sehat.

Kompol Abdullah selaku salah satu kasatgas dalam Operasi Aman Nusa II Polda Kalbar menyampaikan himbauan sosialiasi kepada pemilik ternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan terus memantau kondisi ternak jika terdapat gejala seperti ternak tidak nafsu makan, terklihat lemas, dan ternak mengeluarkan liur berlebihan hingga berbusa serta kuku ternak terluka atau lepas maka segera lapor ke Dinas Peternakan atau Dinas Kesehatan setempat.

”SPACEIKLAN”