WARTALIKA.id – Wakil Bupati Tanjab Barat H. Hairan, menghadiri puncak Kenduri Lawang Swarnabhumi di Kelurahan Kampung Laut Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur), Senin (19/9/2022).

Acara yang mengusung tema “Peradaban Sungai Batanghari, Dulu, Kini dan Nanti”, terlihat Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan beserta sejumlah Kepala Daerah yang ada di Provinsi Jambi menaiki transportasi laut yakni speed boat, dari Pelabuhan Pelindo II menuju Kampung Laut.

Sekitar 30 menit naik speed boat beserta rombongan melintas ujung atau muara Sungai Batanghari, yakni sungai terpanjang di Sumatera tersebut. Tiba di Dermaga Lasdap Kampung Laut, dan disambut terlebih dahulu oleh Suku Duano, atau masyarakat sekitar mengenal Suku Laut.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy.

”SPACEIKLAN”

Dalam sambutannya, Muhadjir Effendy turut mengapresiasi event yang digagas oleh Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto, Gubernur Jambi Al Haris dan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid.

Sementara itu, Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto menjelaskan, Kenduri Swarnabhumi sendiri adalah merupakan serangkaian kegiatan berbasis budaya yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota Provinsi Jambi dengan Provinsi Sumatera Barat, sebagai upaya merawat harmoni masyarakat dan peradaban sungai melalui pemajuan kebudayaan.