WARTALIKA.id – Pemerintah pusat akhirnya meresmikan tiga provinsi baru di tanah papua yakni Provinsi Papua Selatan (PPS), Provinsi Papua Pegunungan (PPG) dan Provinsi Papua Tengah (PPT). Dengan demikian, secara keseluruhan Indonesia kini memiliki 37 Provinsi. Lima diantaranya ada di tanah Papua.

Selain peresmian tambahan tiga provinsi baru termasuk Provinsi Papua Selatan, pemerintah melalui Mendagri Tito Carnavian juga telah melantik para Penjabat (Pj) Gubernur ketiga Provinsi. Peresmian dan Pelantikan berlangsung di Lapangan Plaza Kantor Pusat Kemendagri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat Jum’at (11/11/2022).

Ketiga penjabat yang dilantik yakni Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan; Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan, serta Ribka Haluk menjabat Pj Gubernur Papua Tengah.

Ketua Tim Pemekaran Provinsi Papua Selatan (PPS) Thomas Eppe Safanpo dalam kesempatan itu kepada wartalika.id membeberkan, usai dilantik Pj. Gubernur dan dilakukan penyerahan di ibukota Papua Provinsi Selatan maka berakhir pula tugas tim pemekaran dalam upaya terwujudnya PPS.

”RonalSihotang”

“Pertama-tama, kami mengucap syukur dan berterima kepada bapak Presiden Jokowi dan Wakil Presiden atas kebijakan pemekaran provinsi di tanah Papua,” kata Thomas yang juga saat ini menjabat Wakil Bupati Asmat.

Meresmikan Tiga Provinsi Baru di Papua Provinsi Papua Selatan (PPS), Provinsi Papua Pegunungan (PPG) dan Provinsi Papua Tengah (PPT).
Pj. Gubernur Papua Selatan DR. Apolo Safanpo

Tak lupa juga Ia berterimakasih kepada DPR RI dan Masyarakat Papua yang sudah turut andil dalam pemekaran 3 Provinsi termasuk Provinsi Papua Selatan (PPS) hingga saat ini tercapai secara defakto.

Selanjutnya, Pj Gubernur nantinya akan diantar oleh para pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ke Merauke ibukota Provinsi Papua Selatan guna menjalankan tugas tugas yang diamanahkan.