WARTALIKA.id – Organisasi yang besar dan dinamis selalu ada regenerasi kepemimpinan. Hal inipun terjadi di organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Setiap 3 (tiga) tahun sekali dilangsungkan agenda pergantian kepemimpinan.

Dalam suksesi kepemimpinan selalu saja ada yang menarik dipanggung belakang untuk ditelisik secara dekat, hal tersebut terjadi dalam setiap gelaran suksesi di organisasi manapun itu. Tim sukses selalu berperan sebagai juru “bedil”, juru racik atau juru kocok untuk melemahkan lawan sekaligus mencitrakan jagoannya.

Tidak terkecuali dengan organisasi pengusaha muda Indonesia. Adu argumentasi/agitasi, adu jurus-jurus pamungkas melalui kampanye darat, WhatsApp group dan media massa, semuanya itu dilakukan untuk mengangkat citra dan figur kandidat yang hendak dimenangkan oleh timses.

Justru yang paling keki itu diantara elite-elite timses yang terkadang baper (bawa perasaan), justru yang berperang itu antar timsesnya. Sementara sang kandidat calon yang akan berlaga dimedan tempur duduk bareng, ngopi bareng dan ada kalanya “mandi bareng”, sekedar melemaskan otot-otot yang tegang.

”SPACEIKLAN”

Ada yang sumir bahwa timses itu pekerjaan utamanya untuk membakar emosi pendukung, hal yang sama juga dilakukan berbagai cara oleh timses, timses membuat cerita penuh haru, seolah-olah calon kandidat yang didukung itu segala- segalanya is the best leader, pada hal belum tentu juga sih.

Disetiap regenerasi kepemimpinan selalu saja dibumbui adegan hero yang fantastis dan spektakuler, sesuai skenario yang disusun oleh timses. Setiap agenda pergantian kepemimpinan dan periodesasi itu dimaknai sebagai pestanya timses dan tidak lebih. Bahkan setelah selesai dan terpilih ketua umum maka beda lagi jalan ceritanya, itulah pernak pernik timses.

Musyawarah Nasional HIPMI akan diadakan di kota Solo tempat presiden Jokowi menapaki karier politiknya sebagai walikota 2 (dua) periode itu, lalu melenggang atau hijrah ke Jakarta dan terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta, hingga terpilih jadi presiden, jalan cerita ini dimaknai sebagai motivasi untuk menuju jalan sukses, meski tak semua jalan hidup orang slalu persis sama.

Pemilihan dan penetapan tempat Munas diluar dugaan bahwa kota Solo dijadikan tempat dilaksanakannya Munas HIPMI ke- XVII pada 21-23 November 2022.