Wartalika
No Result
View All Result
Jumat 27 Januari 2023
  • Home
  • News
  • Politik
  • Ekonomi & Bisnis
  • Kesehatan
  • Hankam
  • Jelajah
  • Opini
Tentang Kami
Redaksi
  • Home
  • News
  • Politik
  • Ekonomi & Bisnis
  • Kesehatan
  • Hankam
  • Jelajah
  • Opini
No Result
View All Result
Wartalika
  • Home
  • News
  • Politik
  • Ekonomi & Bisnis
  • Kesehatan
  • Hankam
  • Jelajah
  • Opini
Home Ekonomi & Bisnis

Daop Operasi 1 Jakarta Optimalkan Penanganan Barang Penumpang KA yang Tertinggal

Ivan Oleh: Ivan
27 Desember 2022
Suasana di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, masa Angkutan Nataru 2022/2023 dipadati penumpang.

Suasana di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, masa Angkutan Nataru 2022/2023 dipadati penumpang.

WARTALIKA.id – Tingginya volume penumpang yang berangkat menggunakan jasa kereta api (KA) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2022/2023 (Nataru) berdampak pada meningkatnya jumlah data barang tertinggal.

“Untuk itu sebagai bentuk pelayanan pengguna KA,  PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mengoptimalkan fungsi layanan Lost and Found untuk mengelola barang penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas,” ujar Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangannya kepada WARTALIKA.id, Selasa (27/12/2022).

Menurut Eva, selama periode nataru yang telah berjalan kurung waktu 5 hari sejak 22- 26 Desember 2022 tercatat sebanyak 11 barang tertinggal yang berhasil diamankan petugas dan telah di masukan pada database sistem Lost and Found.

“Dari jumlah tersebut, 7 diantaranya sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti laptop, telepon seluler, tas, dompet hingga paspor WNA,” kata dia.

Selain itu, Daop 1 Jakarta mencatat untuk jadwal keberangkatan sejak 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023 terdapat sekitar 338 ribu tiket KA yang sudah terjual.

Lebih lanjut, Eva menghimbau bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam KA atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas diantaranya kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

Petugas pengamanan stasiun selalu melakukan pemeriksaan secara berkala di area-area ruang tunggu dan di atas KA, terlebih pada saat KA tiba di stasiun tujuan akhir, petugas akan melakukan pengecekan disetiap rangkaian untuk memastikan tidak ada barang bawaan penumpang yang tertinggal.

“Apabila ada laporan dari pelanggan mengenai barang bawaan tertinggal, petugas KAI akan melakukan koordinasi dan pencarian, jika dapat ditemukan saat itu juga maka langsung diserahkan kembali kepada pelapor,” tutur Eva.

Jika barang belum bisa ditemukan, akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganan barang tertinggal yang dilaporkan, jika diketemukan maka untuk proses penyerahan pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas untuk verifikasi kepemilikan barang.

Dalam hal penemuan barang di dalam KA ataupun di lingkungan stasiun, KAI akan langsung memberikan pengumuman atas penemuan barang tersebut melalui pengeras suara. Jika tidak ada pihak yang mengambil maka barang akan disimpan di Pos Pengamanan stasiun dan akan dimasukan pada pendataan sistem Lost and Found yang dimiliki oleh KAI. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam melacak barang hilang sesuai dengan ciri maupun spesifikasi barang yang telah dilaporkan oleh pelanggan maupun calon pelanggan KA.

Data pada sistem tersebut dapat diakses oleh seluruh wilayah kerja KAI, sehingga pelapor yang merasa kehilangan barang dapat melaporkan barang tersebut di seluruh stasiun.

Eva juga mengatakan, bahwa seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab penumpang, namun untuk memberikan layanan maksimal petugas keamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas KA atau stasiun.

Daop 1 Jakarta juga menghimbau kepada para pelanggan KA untuk selalu memperhatikan barang bawaan ketika melakukan perjalanan, baik di lingkungan stasiun maupun selama dalam perjalanan KA. Sebagai antisipasi penumpang juga sebaiknya tidak membawa barang bawaan yang berlebih.

“Jika memang perlu membawa barang dalam jumlah banyak, penumpang juga dapat memanfaatkan jasa cargo atau pengiriman paket,” imbuh Eva.

SendShareTweetShare
Next Post
Suasana penumpang di area bus AKAP Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

Jelang Libur Tahun Baru, Kepala Terminal Kalideres: Tak Ada Lonjakan Penumpang

Sejumlah anak-anak penumpang kereta api jarak jauh terlihat ceria saat di fasilitas bermain yang disediakan PT KAI Daop 1 Jakarta

KAI Daop 1 Jakarta Sediakan Ruang Bermain Anak di Tiga Stasiun KA

Berita Pilihan

20220809 084917

Institusi Kepolisian Sebuah Kebutuhan Sosial

Screenshot 20220203 065456 Gallery

Kunjungi RW 12 Semanan, Dandim 0503 Jakarta Barat Beri Pujian

IMG 20220623 WA0081

Pemerintah Kota Untuk Mendukung Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

IMG 20220228 WA0025

Penumpang KA Jarak Jauh dari Daop 1 Jakarta Terpantau Normal

IMG 1661151484143

Polisi Amankan 6 Pelaku Judi Online Terbesar di Purbalingga Jateng

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menegaskan tak akan segan pecat anggotanya jika terbukti melakukan pelanggaran, khususnya

Kapolri Tak Segan Pecat Anggotanya Jika Lakukan Pelanggaran

Wartalika

Narahubung: 0852-1167-1227, Email: redaksi.wartalika@gmail.com

PEDOMAN MEDIA SIBER»
NETWORK»

Member Saluran Berita Network (SBN)

  • CAKRATARA
  • JURNALHITZ
  • PORTALDESA
  • VOICE OF INDONESIA RAYA
  • WARTALIKA

Copyright © 2018-2023 WARTA LINTAS KOTA - Dikelola PT WJI GRUP

No Result
View All Result
  • Home
  • Kategori
    • Headline
    • Nasional
    • Megapolitan
    • Regional
    • Politik
    • Ekonomi & Bisnis
    • Kesehatan
    • Bersponsor
    • TNI
    • Polri
    • Jelajah
    • Opini
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Standar Perlindungan Profesi Wartawan
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Network

Copyright © 2018-2023 WARTA LINTAS KOTA - Dikelola PT WJI GRUP