WARTALIKA.id – Menjelang libur Tahun Baru 2023, jumlah penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen kembali terjadi peningkatan. Hingga saat ini tercatat sekitar 38.700 tiket terjual untuk keberangkatan
Hal ini disampaikan Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis kepada WARTALIKA.id, pada Jumat (30/12/2022).
Menurut Eva, berdasarkan data penjualan tiket tercatat volume penumpang berangkat pada Jumat 30 Desember 2023 merupakan angka volume tertinggi pada masa libur menjelang Tahun Baru 2023 untuk area Daop 1 Jakarta.
“Totalnya sekitar 38.700 penumpang pada hari ini, dan sebanyak 16.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 37 perjalanan KA dan 22.500 lainnya merupakan tiket terjual keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan operasional 32 perjalanan KA,” ujarnya.
Eva mengatakan, dari jumlah tersebut masih mungkin mengalami peningkatan mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga KA terakhir pada hari ini masih dibuka.
KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) himbau seluruh masyarakat yang akan menggunakan KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen agar memperhatikan kembali aturan Vaksin terbaru yang telah diberlakukan dan juga memperhatikan barang bawaan agar tidak tertinggal di peron stasiun maupun di atas kereta api.
Secara keseluruhan total tiket Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), tiket yang disediakan dari KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1Jakarta) selama 18 hari masa Nataru tanggal 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023 sebanyak 739.299 tiket dari jumlah tersebut sampai dengan Jumat (30/12) telah terjual sekitar 407 ribu untuk keberangkatan 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023, jumlah penjualan tiket tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online.
“Jika melihat berdasarkan tanggal yang paling banyak diminati berdasarkan tanggal keberangkatan KA terjadi mulai tanggal 22- 31 Desember 2022, pada kurun waktu 10 hari tersebut dari ketersediaan tiket sebanyak 410.924 sekitar 328.731 telah terjual,” ucapnya.
Adapun tujuan favorit penumpang diantaranya Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal, Kutoarjo, Surabaya, Malang dan Madiun sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung.
Untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan area dan kursi tunggu untuk penumpang. Di Stasiun Pasar Senen fasilitas kursi tunggu stasiun kini tersedia sebanyak 3200 tempat duduk, sedangkan di Stasiun Gambir tersedia sebanyak 1500 tempat duduk yang tersebar diberbagai area pelayanan.
Sementara untuk mengurai kepadatan penumpang saat pemeriksaan tiket, Daop 1 Jakarta juga menambah jumlah meja layanan untuk pemeriksaan tiket, seperti di Stasiun Gambir yang sebelumnya hanya terdapat 4 titik layanan pemeriksaan tiket kini bertambah menjadi 10 titik layanan.
Penambahan petugas juga dilakukan di sejumlah area pelayanan, saat ini terdapat petugas Costumer Service mobile (CSM) yang akan membantu penumpang di berbagai area pelayanan stasiun.
Tingginya volume pada masa Angkutan Nataru ini juga berdampak pada meningkatnya jumlah data barang tertinggal yang telah diamankan oleh petugas. Sebagai bentuk pelayanan, PT KAI Daop 1 Jakarta mengoptimalkan fungsi layanan Lost and Found untuk mengelola barang penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas.
“Selama periode nataru yang telah berjalan selama 9 hari sejak 22- 30 Desember 2022 tercatat 30 puluh barang milik penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas dan telah di masukan pada database sistem Lost and Found,” tambahnya.
Dari jumlah tersebut lanjut Eva, sekitar 20 barang bawaan diantaranya sudah kembali ke pemiliknya. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti laptop, telepon seluler, tas, dompet hingga paspor.
“Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam KA atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121,” imbuh Eva.
KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa kereta api agar memperhatikan aturan Vaksin terbaru yang berlaku saat ini khususnya perubahan aturan pada usia anak 6-12 tahun.
“Anak pada usia 6-12 tahun yang belum di vaksin tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu dan harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster,” jelas Eva.
Adapun dalam aturan Vaksin tersebut mengacu Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023.
Lebih jauh, KAI berharap kepada masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik seperti memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.
Eva juga mengatakan, pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI jdihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan.
Selain itu diharapkan, masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket.
“Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI,” papar dia.