Komunikasi Sejuk Prabowo dan Gerindra, Cara Baru Merebut Kemenangan yang Tertunda

Menyambut perhelatan Pemilu tahun 2024, cara komunikasi yang dibangun Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra dan para pimpinan di Partai berlambang burung garuda ini menjadi bahan kajian yang menarik.

Sorotan publik tentu akan sangat mengarah kepada Prabowo Subianto Ketua Umum Partai yang hari ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia dan sosok Sufmi Dasco Ahmad Ketua Harian yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR Republik Indonesia.

Tanpa mengurangi peran penting elite partai Gerindra lainnya, posisi sebagai menteri pertahanan dan wakil ketua DPR RI menjadikan kedua tokoh ini selalu menjadi sorotan media setiap hari.

”SPACEIKLAN”

Pernyataan dan kegiatan yang mereka lakukan selalu ditunggu publik dan sangat mempengaruhi opini publik hari-hari ini ketika pelaksanaan pemilu tinggal hitungan bulan.

Dibandingkan masa-masa menyambut Pemilu tahun 2019, sangat terasa perubahan bentuk komunikasi yang dihadirkan. Terwakili dalam pernyataan-pernyataan kedua tokoh Gerindra ini maka bentuk “komunikasi sejuk” menjadi keseharian yang ditampilkan.

Prabowo Subianto yang saat ini menjadi Capres yang diusung ke Pilpres 2024 dalam kegiatan-kegatannya sebagai Ketua Dewan Pembina/Ketum Partai Gerindra ataupun sebagai Menhan selalu menghadirkan bahasa sejuk, yang mengajak untuk selalu menjaga persatuan, menghindari saling serang, memberikan pemahaman bahwa negara ini harus diurus bersama-sama, kepada seluruh rakyat Indonesia yang hari ini berada dalam perbedaan pilihan partai ataupun pilihan Capres.

Hal yang sama diperlihatkan oleh Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR RI yang banyak disebut sebagai salah satu aktor penting dalam rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo pasca pemilu 2019 ini.

Dalam pernyataan-pernyataannya baik ketika bertemu dengan berbagai kalangan masyarakat dalam posisi sebagai Wakil Ketua DPR RI baik sebagai Ketua Harian Partai Gerindra ketika ketemuan dengan berbagai kader partai bahasanya juga selalu menyejukkan.

Pesan-pesan Prabowo Subianto yang mengajak untuk selalu menjaga persatuan, menghindari saling serang juga selalu mendominasi pernyataan-pernyataan negosiator ulung ini.

Berita baiknya, model komunikasi sejuk yang selalu diperlihatkan oleh Capres Prabowo Subianto dan Partai Gerindra ini ternyata sangat direspon positif oleh rakyat.

Dari berbagai hasil survei, dukungan terhadap Capres Prabowo Subianto dan Partai Gerindra terlihat sangat meningkat. Capres Prabowo Subianto makin stabil menduduki peringkat tertinggi sebagai capres pilihan rakyat dan posisi Partai Gerindra yang pun masih di peringkat kedua tetapi memperlihatkan tren kenaikan yang semakin beda tipis dengan PDIP.

Beberapa kalangan bahkan menyebut sangat terbuka peluang terjadinya sukses ganda di Pemilu 2024 yakni Prabowo Subianto menjadi presiden RI dan Partai Gerindra menjadi pemenang pemilu.

Pilihan Partai Gerindra bergabung kepada pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo terbukti menjadi pilihan yang sangat tepat.

Sekian tahun terakhir ini simpati masyarakat kepada Prabowo Subianto sangat meningkat, pertama kinerja beliau sebagai menteri pertahanan dinilai sangat berhasil, kedua beliau sangat menunjukkan loyalitasnya kepada Presiden Jokowi sang panglima tertinggi saat ini.

Dengan apa yg ditunjukkannya selama ini; bagi mayoritas rakyat Indonesia, Prabowo Subianto dianggap “Prajurit Sejati” dan “Pemersatu NKRI”.