WARTALIKA.id – Ratusan massa yang tergabung dalam Gerakan Lintas Pemuda Ormas Mahasiswa dan Masyarakat Tapanuli menggelar aksi demonstrasi di kantor Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tengah. Selasa (22/08).

Diperkirakan massa aksi berjumlah 500 orang yang berasal dari organisasi kepemudaan Tapteng yang datang dengan membawa spanduk dan pengeras suara.

Beberapa spanduk menampilkan wajah mantan Ketua Bawaslu Tapteng yang kini kembali terpilih sebagai komisioner Bawaslu Tapteng periode 2023-2028, Setiawaty Simanjuntak dan juga menampilkan wajah salah satu Komisioner terpilih Rommy Pasaribu bersama dengan anggota DPR RI Masinton Pasaribu.

Tuntutan massa aksi. Menolak dengan tegas keputusan Bawaslu RI terkait penetapan hasil penilaian uji kelayakan dan kepatutan anggota Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tengah periode 2023-2028.

”SPACEIKLAN”

“Kami meminta dan menuntut Bawaslu RI untuk membatalkan penetapan hasil penilaian uji kelayakan dan kepatutan anggota Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tengah periode 2023-2028 dengan penetapan baru yang mengangkat dan mengakomodir Komisioner Bawaslu Tapteng yang memiliki kualitas, integritas dan independensi serta mengakomodir kemajemukan, Kebhinekaan agama yang hidup di masyarakat Tapteng,” kata Akdinul Akbar Koordinator aksi aliansi Gerakan Lintas Pemuda Ormas Mahasiswa dan Masyarakat Tapanuli.

Menurutnya, proses penilaian akhir calon anggota Bawaslu Tapteng yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Sumatera Utara dan Bawaslu RI tidak transparan dengan penilaian terhadap calon anggota Bawaslu Tapteng.